Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Palopo Catat Angka Inflasi Terendah di Sulsel

Kota Palopo mampu menunjukkan konsistennya dalam menggerakan perekonomian di Sulawesi Selatan. Salah satunya upaya yang dilakukan untuk menekan tingkat inflasi di daerah berjuluk Kota Idaman itu.
Andini Ristyaningrum
Andini Ristyaningrum - Bisnis.com 25 Juli 2019  |  18:00 WIB
Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman saat menghadiri Rakornas TPID di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta, Kamis (25/7/2019)  -  Istimewa
Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman saat menghadiri Rakornas TPID di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta, Kamis (25/7/2019) - Istimewa

Bisnis.com, MAKASSAR -- Kota Palopo mampu menunjukkan konsistennya dalam menggerakan perekonomian di Sulawesi Selatan. Salah satunya upaya yang dilakukan untuk menekan tingkat inflasi di daerah berjuluk Kota Idaman itu. 

Dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel, pada Juni 2019, inflasi Palopo sebesar 0,86% dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 136,56. Angka tersebut mencatatkan Palopo sebagai daerah dengan angka inflasi terendah di Sulsel. Pencapaian itu pula yang membawa Palopo meraih penghargaan TPID Awards 2019.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla kepada Wali Kota Palopo, HM Judas Amir pada rapat kordinasi nasional pengendalian inflasi yang dihadiri oleh seluruh Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta, Kamis (25/7/2019). 

"Ini membuktikan bahwa Palopo mampu menekan harga-harga, utamanya harga kebutuhan pokok di banding kabupaten/kota lain di Sulsel," kata Judas Amir. 

Wakil Gubernur Andi Sudirman Sulaiman yang turut hadir pada rakor dan penyerahan penghargaan itu mengapresiasi pencapaian yang diterima salah satu daerah di provinsi yang dipimpinnya.

Seperti diketahui, penghargaan tersebut diberikan guna memotivasi pemerintah daerah dalam menekan angka inflasi di daerahnya. 

"Sinergi, inovasi, dan pemanfaatan teknologi menjadi kunci keberhasilan pengendalian inflasi. Selamat kepada Kota palopo yang telab berhasil meraih penghargaan TPID Awards," ungkap Sudirman. 

Ke depan lanjut adik Menteri Pertanian Amran Sulaiman inu, Sulsel akan terus berbenah dan mengoptimalkan bauran kebijakan untuk mengarahkan ekspektasi inflasi sesuai sasaran. Tentunya menurut Sudirman dengan tetap mendorong momentum pertumbuhan ekonomi.

Kebijakan itu melalui pengembangan sejumlah klaster pangan di daerah secara terintegrasi, antara lain dengan memfasilitasi kegiatan tersebut agar terkoneksi dengan teknologi dan sistem informasi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

palopo Inflasi Sulsel
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top