Tol MNP Resmi Beroperasi, Gratis karena Tidak Ada Gerbang Tambahan

Proyek sepanjang 3,2 kilometer (km) ini sepenuhnya telah selesai dan telah dilakukan uji laik fungsi.
Foto udara kendaraan melintas di Jalan Tol Makassar New Port (MNP) di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (2/1/2024)./Antara-Arnas Padda.
Foto udara kendaraan melintas di Jalan Tol Makassar New Port (MNP) di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (2/1/2024)./Antara-Arnas Padda.

Bisnis.com, MAKASSAR - Jalan Tol Makassar New Port (MNP) yang terhubung dengan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Kawasan Industri Makassar (KIMA) dan Pelabuhan Soekarno Hatta resmi beroperasi. Proyek sepanjang 3,2 kilometer (km) ini sepenuhnya telah selesai dan telah dilakukan Uji Laik Fungsi oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Corporate Communication PT Makassar Metro Network & PT Jalan Tol Seksi Empat Makassar Syauki mengatakan, akses jalan yang masuk dalam bagian tol Makassar ini dapat dilalui langsung oleh kendaraan logistik dari dan menuju ke MNP. Tidak ada penambahan gerbang tol dan penyesuaian tarif di sepanjang jalan tol Makassar. 

"Jadi untuk menggunakan jalan akses tol MNP ini pengendara cukup membayar tarif yang berlaku sekarang di gerbang tol existing. Jalan akses tol MNP ini gratis diakses oleh pengendara," katanya, Rabu (3/1/2024).

Jalan Akses Tol MNP ini langsung terkoneksi dengan pelabuhan, sehingga diharapkan dapat menekan biaya logistik sekaligus memangkas waktu tempuh distribusi barang dan jasa antar wilayah. Kehadiran tol ini pun diproyeksi akan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Bagi pengendara dari arah Pelabuhan Soekarno Hatta yang ingin menggunakan jalan tol baru ini dapat melewati Gerbang Tol Cambaya lalu mengambil lajur kiri kemudian naik ke Jalan Tol MNP. Pengendara dari arah bandara ataupun KIMA dapat memilih akses jalan melalui percabangan menuju ke pelabuhan dan Panakkukang, lalu naik ke Jalan Tol MNP.

Sementara untuk keluar dari Jalan Tol MNP, pengendara dapat memutar menuju ke Jalan Sultan Abdullah, untuk pengendara yang menuju ke arah bandara dapat belok kiri menuju Gerbang Tol Tallo Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler