Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gagal Tender, Biaya Gedung Olahraga Makassar Jadi Rp400 Miliar

Pemkot Makassar berencana menambah anggaran pembangunan proyek gedung olahraga Macca, dari Rp270 miliar menjadi Rp400 miliar.
Desain gedung olahraga Macca di kawasan olaharaga Untia, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar./Pemkot Makassar.
Desain gedung olahraga Macca di kawasan olaharaga Untia, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar./Pemkot Makassar.

Bisnis.com, MAKASSAR - Pemerintah Kota Makassar berencana menambah anggaran pembangunan proyek gedung olahraga Makassar Core City Arena (Macca) di kawasan olahraga terintegrasi Untia, dari yang sebelumnya Rp270 miliar menjadi Rp400 miliar. Hal ini menyusul gagalnya lelang tender yang telah dilakukan sejak awal tahun ini.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Makassar Andi Pattiware mengatakan, sebenarnya sudah ada lima penyedia yang lolos pra kualifikasi pada lelang sebelumnya. Namun pada saat akan dikualifikasi, kelima penyedia ini tidak ada yang memasukkan penawaran.

Andi Pattiware mengungkapkan, kelimanya beralasan karena pagu yang ditetapkan pemerintah masih lebih rendah dari Harga Perkiraan Sendiri (HPS) mereka. Oleh karena itu para penyedia pun enggan menawar karena dianggap akan marugikan pengembang.

"Ada beberapa hal yang menjadi alasan para penyedia. Pertama itu menyangkut masalah metode evaluasi yang mereka anggap harga terendah ambang batas itu tidak pas untuk dipakai didesign and build. Selanjutnya bahwa HPS mereka lebih tinggi daripada pagu. Dalam artian pagu yang ada ini kurang," ungkapnya, Kamis (20/7/2023).

Oleh karena itu, pemerintah akhirnya memutuskan akan menambah Rp130 miliar anggaran pembangunan, yang sebelumnya hanya Rp270 miliar menjadi Rp400 miliar.

"Anggaran ini akan diusulkan ke APBD perubahan. Kita sudah konsultasi dengan keuangan daerah dan itu dimungkinkan untuk adendum," paparnya.

Andi Pattiware menambahkan pihaknya berencana akan memulai pengajuan kembali pada Oktober 2023 setelah penandatanganan Kebijakan Umum APBD (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS). Sehingga diproyeksi, pemenang tender bisa ditentukan pada Desember 2023.

Sementara Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto mengatakan jika pembangunan kawasan olahraga tersebut tetap ditargetkan mulai pada tahun ini. Dia akan berusaha mempercepat proses tender sehingga pembangunannya bisa selesai tidak melewati perencanaan pada Desember 2024.

"Bisa itu kita upayakan tender tahun ini, tapi proses harus diulang. Kita upayakan secepatnya supaya bisa selesai tahun depan," tuturnya.

Macca sendiri merupakan proyek pembangunan gedung olahraga yang berada di kawasan olahraga Untia, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar. Gedung ini akan terintegrasi dengan Sirkuit Untia yang dibangun di atas lahan kurang lebih seluas 13 hektare.

Selain digunakan untuk olahraga, Macca juga bisa dimanfaatkan untuk konser, ruang pertemuan akbar, dan kegiatan sosial-keagamaan. Untuk meningkatkan pemberdayaan ekonomi, Pemkot Makassar juga menyediakan ruang berjualan khusus bagi pelaku UMKM di lokasi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper