Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Uang Negara Rp61 Miliar di Sulawesi Tenggara Selamat dari Korupsi

Kejaksaan Sulawesi Tenggara berhasil menghimpun PNBP hingga Maret 2023 senilai Rp61 miliar.
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bisnis.com, KENDARI - Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tenggara berhasil menyelamatkan uang negara senilai Rp61 miliar pada periode Januari hingga Maret 2023.

Kepala Kejati Sultra Patris Yusrian Jaya di Kendari, Senin (8/5/2023), mengatakan bahwa penyelamatan uang negara tersebut dalam bentuk Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari hasil pengungkapan kasus dugaan tindak pidana korupsi dan kasus lainnya.

Ia menyampaikan bahwa atas hal tersebut juga Kejati Sultra menjadi percontohan lembaga Adhyaksa se-Indonesia.

“PNBP yang berhasil kami kumpulkan hingga Maret 2023 senilai Rp61 miliar,” kata Patris Yusrian Jaya.

Dari jumlah tersebut, lanjut dia, PNBP terbanyak berasal dari pengungkapan kasus korupsi di bidang pertambangan dalam hal pelanggaran izin pinjam pakai kawasan hutan (IPPKH) di Kabupaten Konawe Utara (Konut), selebihnya bersumber dari hasil sitaan penanganan kasus korupsi di Kabupaten Konawe, Sultra.

"Sampai April, Sultra sudah menyetorkan pendapatan bukan pajak ke negara lebih dari Rp60 miliar, itu belum termasuk dari Kejari Konawe dan denda lain. Di level Kejati se-Indonesia, Sultra tertinggi untuk PBNP,” ungkap dia.

Patris Yusrian Jaya menyebutkan bahwa untuk akumulasi PNBP di Kejaksaan Negeri Konawe dari penanganan pada perkara dugaan korupsi juga terbilang cukup tinggi.

“Kemudian dari Kejaksaan Negeri Konawe juga berhasil menyelamatkan uang negara yang cukup tinggi pada kasus dugaan korupsi,” ujarnya.

Ia juga berharap bahwa dengan catatan prestasi tersebut bisa memacu semangat para jaksa dan lembaga Adhyaksa lainnya agar lebih serius menampilkan performa penegakan hukum yang lebih baik dari sebelumnya.

“Dengan begitu tingkat kepercayaan masyarakat terhadap aparat penegak hukum terutama lembaga kejaksaan dapat meningkat signifikan,” tutup Patris Yusrian Jaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper