Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Standarisasi Ikut Dorong Penjualan Miyako di Tanah Air

PT Kencana Gemilang, produsen peralatan elektronik dan rumah tangga bermerek Miyako, mengklaim penerapan SNI pada seluruh produk mampu ikut mendorong kinerja penjualan perusahaan.
ilustrasi dapur
ilustrasi dapur

Bisnis.com, MAKASSAR - PT Kencana Gemilang, produsen peralatan elektronik dan rumah tangga bermerek Miyako, mengklaim penerapan SNI pada seluruh produk mampu ikut mendorong kinerja penjualan perusahaan.

Quality Head Kencana Gemilang, Hazi Zulhamsyah mengatakan penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) membuat produk yang dihasilkan lebih mudah mendapatkan pasar yang konsisten terkhusus pada segmen yang mengutamakan kaulitas.

"Meskipun memang kami tidak pernah mengukurnya secara aktual di pasaran, tetapi produk berlabel SNI memang lebih gampang diserap konsumen," katanya pada Indonesia Quality Expo (IQE) 2017 di Makassar, Kamis (26/10/2017).

Sejauh ini, lanjut Hazi, perusahaan memiliki 18 produk elektronik serta peralatan rumah tangga yang telah berlabel SNI.

Menurutnya, produk berlabel SNI telah memiliki jaminan keamanan bagi konsumen serta tentunya kualifikasi kualitas yang dipersyaratkan sesuai dengan standardisasi.

Adapun jenis produk yang dipasarkan oleh perusahaan, diantar kipas angin, blender, dispenser, setrika listrik, mixer, rice cooker, regulator, selang TPE, kompor satu tungku serta pemanggang roti.

Terdapat pula regulator high pressure, rice box, kompor usaha mikro, bottle sterilizer, hair dryer, juice extractor, coffee maker dan slow cooker.

Dari sisi sasaran pasar, produk bermerek Miyako masih terkonsentrasi pada pasar domestik dengan komposisi mencapai 99%.

Sedangkan selebihnya telah diekspor pada sejumlah negara di Regional Asia yakni Vietnam, Srilanka, Bangladesh dan Mesir.

“Dengan penerapan SNI di semua produk Miyako baik SNI wajib ataupun Sukarela, Miyako optimis bisa bersaing dengan produ impor non standar dan substandar," kata Hazi.

Selain itu, lanjut dia, langkah pemerintah yang menggiatkan sosialiasi sadar SNI ikut membuat konsumen melek standarisasi sehingga diharapkan ikut mendorong kinerja penjualan perusahaan.

Kemudian optimistisme perusahaan pada aspek kinerja penjualan, juga merujuk pada sikap pemerintah tanganku memperketat pengawasan terhadap produk impor yang belum terstandarisasi.

"Sehingga tercipta persaingan yang sehat dan mendorong peningkatan produksi dalam negeri," kata Hazi.

Kepala Biro Hukum, Organisasi dan Humas Badan Standarisasi Nasional (BSN), Budi Rahardjo tingkat kesadaran

Kencana Gemilang dalam menerapkan SNI bisa diikuti oleh produsen lainnya yang bergerak pada segmen yang sama.

"SNI Kelistrikan termasuk peralatan rumah tangga elektronik, diharapkan bisa menjadi konsen pelaku usaha mengingat produk ini cukup beresiko sehingga harus terjamin mutu dan keselamatannya," ujar Budi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler