Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HUT ke-4, PT Aksara Grafika Makassar Diharapkan Cetak Kinerja Positif

PT Aksara Grafika Makassar, anak usaha dari Bisnis Indonesia Group, diproyeksikan mampu mencatatkan kinerja positif pada tahun ini dengan mengoptimalkan diversifikasi usaha menyasar segmen cetak di luar dari industri media.

Bisnis.com, MAKASSAR - PT Aksara Grafika Makassar, anak usaha dari Bisnis Indonesia Group, diproyeksikan mampu mencatatkan kinerja positif pada tahun ini dengan mengoptimalkan diversifikasi usaha menyasar segmen cetak di luar dari industri media.

Presiden Direktur Jurnalindo Aksara Grafika (Bisnis Indonesia Group) Lulu Terianto mengatakan momentum empat tahun operasional AGM diharapkan menjadi titik akselerasi perusahaan dalam meningkatkan kinerja sekaligus menorehkan capaian positif.

"Inovasi menjadi kunci, di samping pula tetap menjaga kinerja internal, menjaga kualitas mesin cetak, menjaga kekompakan tim AGM," katanya saat peringatan HUT ke-4 PT AGM, Selasa (20/7/2017).

Sekedar diketahui, AGM merupakan unit bisnis dari JAG yang bergerak di bidang percetakan juga akan menjajaki pengembangan industri koran regional dan industri packing atau pengemasan.

Adapun pada tahun ini, diversifikasi sumber pendapatan dilakukan perusahaan dengan lebih agresif menyasar cetak buku, kertas suara dan buku-buku untuk memenuhi kebutuhan pendidikan.

Sejak berdiri pada 2013 lalu, AGM memiliki kapasitas terpasang 30.000 per jam untuk pencetakan koran serta segmen cetak lainnya.

Percetakan AGM dilengkapi dengan sarana pra cetak yang sangat modern untuk sebuah industri surat kabar. Sejauh ini, selain mencetak Harian Bisnis Indonesia, AGM juga akan mencetak beberapa media nasional meliputi koran harian maupun tabloid guna memenuhi kebutuhan pasar di Indonesia Timur.

Pada awal pendirian AGM, berorientasi dalam memperpendek jalur distribusi koran, di mana perusahaan industri media harus memanfaatkan Makassar sebagai titik pengembangan sistem cetak jarak jauh (CJJ).

Pasalnya, biaya distribusi dan kargo pengiriman koran dari Jakarta ke wilayah Indonesia Timur setiap tahun mengalami peningkatan yang cukup tinggi.

Sekedar diketahui, terdapat beberapa koran nasional yang telah memanfaatkan Makassar sebagai pusat distribusi dengan menggunakan sistem cetak jarak jauh seperti Harian Kompas, Bisnis Indonesia, serta Koran Sindo Makassar.

Selain di Makassar, JAG juga memiliki jaringan percetakan yang berada dalam naungan PT Aksara Grafik Pratama (AGP) pada beberapa kota utama di Tanah Air diantaranya Jakarta, Surabaya dan Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper