Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kebutuhan Hewan Kurban Makassar Diprediksi Meningkat, Bisa 6.000 Ekor

Pemerintah Kota Makassar memprediksi kebutuhan hewan kurban di wilayahnya tahun ini akan meningkat.
Ilustras. Hewan kurban./JIBI
Ilustras. Hewan kurban./JIBI

Bisnis.com, MAKASSAR — Pemerintah Kota Makassar memprediksi kebutuhan hewan kurban di wilayahnya tahun ini akan meningkat jika dibandingkan tahun lalu, seiring peningkatan konsumsi masyarakat akhir-akhir ini.

Kepala Dinas Perikanan dan Pertanian Kota Makassar Evy Aprialti mengatakan, pada momen Iduladha 2023, kebutuhan hewan kurban mencapai sekitar 6.000 ekor, terdiri dari 5.000 ekor sapi dan 1.000 ekor kambing. Oleh karena itu, kebutuhan tahun ini diperkirakan melebihi 6.000 ekor.

Evy menjelaskan, prediksi tersebut melihat tingginya angka pemotongan hewan di Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Makassar belakangan ini. Jumlahnya mencapai 15-20 ekor per hari, melebihi rata-rata pemotongan tahun lalu.

Selain itu, semakin pahamnya masyarakat tentang ketentuan kurban dan para pedagang yang kini mulai memiliki pasar langganan sendiri, mendukung prediksi peningkatan kebutuhan tahun ini.

"Tingginya angka pemotongan di RPH menunjukkan daya beli dan kebutuhan masyarakat terhadap daging mulai makin baik, makanya tahun ini kami perkirakan kebutuhannya bisa lebih besar dari tahun lalu," paparnya kepada wartawan, Rabu (22/5/2024).

Evy menambahkan, pihaknya kini juga telah siap untuk melakukan pengawasan hewan kurban menjelang Iduladha 2024. Tujuannya untuk selalu memastikan kesehatan dan kualitas hewan yang akan disembelih.

Maka dari itu dia mengimbau kepada masyarakat untuk membeli hewan kurban di tempat yang terpercaya dan telah dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh petugas.

"Masyarakat harus membeli hewan kurban di tempat yang terpercaya dan sudah dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh petugas. Hal ini untuk memastikan kesehatan dan kualitas hewan kurban," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler