Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penumpang Pelabuhan Makassar saat Mudik Lebaran Tahun Ini Diperkirakan Meningkat 6%

Pelindo memprediksi penumpang Pelabuhan Makassar pada mudik Lebaran akan mencapai 114.348 orang.
Antrean penumpang kapal di Pelabuhan Makassar./Pelindo
Antrean penumpang kapal di Pelabuhan Makassar./Pelindo

Bisnis.com, MAKASSAR - Arus penumpang di Pelabuhan Makassar pada momen mudik Lebaran Idulfitri tahun ini diperkirakan meningkat 6% dibanding periode tahun lalu, seiring lonjakan yang sering terjadi saat perayaan hari besar keagamaan.

General Manager (GM) Pelindo Regional 4 Makassar Iwan Sjarifuddin memprediksi total penumpang baik yang naik maupun turun di Pelabuhan Makassar kali ini akan mencapai 114.348 orang. Angka tersebut lebih banyak dibandingkan periode Lebaran tahun sebelumnya yang hanya 107.875 orang.

"Kalau tahun lalu ada 107.875 orang penumpang, itu terjadi kenaikan 22,06% dibanding pada 2022, kali ini kita prediksi naiknya 6%," katanya melalui keterangan resmi, Senin (18/3/2024).

Sementara puncak arus mudik di pelabuhan ini diperkirakan terjadi pada H-10 dan H+10 Lebaran Idulfitri 1445 H. Iwan pun berharap seluruh penumpang yang menggunakan moda transportasi laut bisa mudik dengan aman, nyaman, dan lancar.

Diketahui, Pelabuhan Makassar selalu mencatat jumlah penumpang yang paling banyak, khususnya di musim mudik Lebaran dibandingkan pelabuhan-pelabuhan lain di bawah kelolaan Pelindo Regional 4, di antaranya Pelabuhan Kendari, Pantoloan, Manado, Bitung, Gorontalo, Balikpapan, Jayapura, dan Pelabuhan Merauke di Papua.

Maka dari itu untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, Pelindo Regional 4 telah melakukan berbagai persiapan. Selain menyiapkan fasilitas dan melakukan peningkatan pelayanan yang telah ada selama ini, pihaknya juga melakukan peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) agar pelayanan yang diberikan terutama di saat peak season arus penumpang kapal nantinya menjadi lebih optimal dan maksimal.

"Kami setiap tahun selalu melakukan berbagai persiapan, karena kita ketahui bahwa Pelabuhan Makassar adalah pelabuhan terbesar di wilayah timur Indonesia dan selalu menjadi pelabuhan yang terbanyak arus penumpang di momen mudik Lebaran. Makanya persiapan ini kami lakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman untuk penumpang," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper