Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bantu Penanganan Dampak El Nino, Kementan Beri 180 Alat Pertanian untuk Sulsel

Kementerian Pertanian memberikan bantuan 180 alat pertanian untuk Sulsel guna membantu menangani dampak dari fenomena El Nino.
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo/ Antara-Puspa Perwitasari
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo/ Antara-Puspa Perwitasari

Bisnis.com, MAKASSAR - Kementerian Pertanian memberikan bantuan 180 alat pertanian untuk Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) guna membantu menangani dampak dari fenomena El Nino di wilayah tersebut serta sebagai bagian dari agenda penanganan inflasi daerah.

Bantuan tersebut diantaranya 30 unit traktor roda empat, 30 unit traktor roda dua, 30 unit kultivator, 40 unit pompa air, dan 50 unit hand sprayer.

Selain itu, pihak Kementan melalui Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian juga melakukan penandatangan komitmen bersama antara dengan Gubernur Sulsel dan Bupati Gowa dalam rangka penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) masing-masing senilai Rp100 juta dan Rp50 juta.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, upaya ini sebagai bagian dalam mengantisipasi dampak El Nino selain upaya lain yang telah dilakukan, seperti identifikasi dan mapping lokasi terdampak kekeringan, serta mengelompokkan menjadi daerah merah, kuning dan hijau dan juga percepatan tanam untuk mengejar sisa hujan.

"Kita juga telah melakukan peningkatan ketersediaan alsintan untuk percepatan tanam, peningkatan ketersediaan air dengan membangun atau memperbaiki embung, dam parit, sumur dalam, sumur resapan, serta rehabilitasi jaringan irigasi tersier dan pompanisasi, serta penyediaan benih tahan kekeringan dan organisme pengganggu tanaman," ungkapnya dikutip Selasa (19/9/2023).

Selain itu, Kementan juga telah menyiapkan upaya lain seperti program 1.000 hektare per-kabupaten untuk adaptasi dan mitigasi dampak El Nino, Gerakan Nasional (Gernas) El-Nino dengan pertambahan pertanaman 500.000 hektare di 10 provinsi dan pengembangan pupuk organik terpusat dan mandiri.

"Sulsel menjadi salah satu provinsi yang menjadi lokasi Gernas Penanganan El Nino dengan luasan sebesar 32.503 hektare yang tersebar di 11 kabupaten. Saya menginginkan agar semua dapat bekerja dengan sungguh-sungguh dan bekerja dengan smart dalam Gernas penanganan El Nino ini," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler