Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Infrastruktur Jalan Diproyeksi Bisa Menjaga Stabilisasi Harga Barang di Sulsel

Hadirnya Tol MNP diproyeksi bisa menjaga stabilitas harga barang dan jasa di Sulawesi.
Progres pembangunan Tol MNP telah mencapai 90,3 persen per 14 September 2023./PT Makassar Metro Network.
Progres pembangunan Tol MNP telah mencapai 90,3 persen per 14 September 2023./PT Makassar Metro Network.

Bisnis.com, MAKASSAR - Hadirnya Tol Makassar New Port (MNP) diproyeksi bisa menjaga stabilitas harga barang dan jasa, termasuk pangan di Sulawesi Selatan (Sulsel) bahkan Sulawesi pada umumnya. Infrastruktur ini diyakini akan menunjang percepatan distribusi sehingga menekan biaya operasional.

"Kita tahu bersama dimana ada pembangunan infrastruktur, maka akselerasi ekonomi termasuk menjaga stabilitas harga barang bisa semakin nyata. Pembangunan tol ini bisa semakin mempercepat barang sampai ke pelabuhan, tentu akan menekan biaya operasional distribusi dan membuat harga barang semakin murah," ungkap Ekonom Universitas Hasanuddin (Unhas) Hamid Paddu kepada Bisnis, Senin (18/9/2023).

Meskipun begitu, Hamid menambahkan masih ada beberapa tantangan yang mesti diperhatikan pemerintah dalam memaksimalkan keberadaan tol ini. Baginya, jika hanya mengandalkan operasi Tol MNP, maka stabilitas harga belum mampu terlaksana dengan baik.

Dia menjelaskan, tol ini belum menjangkau wilayah sekitar Makassar yang kaya akan sumber daya, sehingga akses distribusi bahan pangan belum bisa maksimal. Pemerintah harus melakukan pembangunan tol lainnya yang mengarah langsung ke daerah sekitar Makassar seperti ke Parepare dan Takalar.

Daerah-daerah ini bisa menjadi satelit bagi daerah lainnya dalam menampung bahan pangan yang bisa langsung didistribusikan ke daerah sekitar dan ke pelabuhan.

"Jika akses tol bisa terbangun di daerah-daerah itu, maka diyakini industri juga akan tumbuh pesat yang bisa merangsang pembangunan kawasan industri lain selain di Makassar. Dengan begitu, pertumbuhan ekonomi wilayah ini juga bisa semakin melambung dan harga barang di wilayah ini semaikin stabil," paparnya.

Selain itu, pembangunan kereta api yang terhubung langsung ke Makassar dikatakan Hamid juga perlu dipercepat jika ingin membuat stabilisasi harga di Sulawesi semakin baik. Baginya kereta api akan menjadi infrastruktur pendukung yang sangat efektif untuk hal kecepatan distribusi.

"Mempercepat akses kereta api tersambung ke Makassar juga bisa menjadi penunjang distribusi bahan pangan maupun yang akan diekspor karena menggunakan kereta api pasti lebih cepat. Jadi pembangunan tol MNP sebaiknya dibarengi pula dengan percepatan rampungnya kereta api ini," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper