Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sulsel Target Perputaran Uang Rp9 Triliun dari Wisatawan

Salah satu upaya mencapai target tersebut dengan memanfaatkan libur lebaran tahun ini.
Rumah adat Toraja./JIBI
Rumah adat Toraja./JIBI

Bisnis.com, MAKASSAR — Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) mulai mendorong peningkatan ekonomi melalui geliat pariwisata di wilayahnya. Targetnya ada 10 juta kunjungan wisatawan domestik dan 100.000 kunjungan untuk wisatawan mancanegara sepanjang 2023.

Sekretaris Dinas Pariwisata (Dispar) Sulsel Devo Khadafi mengatakan, dampak ekonomi yang ditimbulkan dari hadirnya wisatawan sangatlah besar. Sebagai contoh, selama ini untuk satu wisatawan domestik saja yang mengunjungi Sulsel, rata-rata bisa berbelanja sekitar Rp800.000 - Rp900.000 perhari.

Sementara untuk wisatawan mancanegara, jumlah uang yang dihabiskannya bisa lebih besar lagi, rata-rata mereka berbelanja dalam seharinya mencapai Rp1 juta.

Jadi jika dihitung dari jumlah target kunjungan, artinya ada potensi perputaran uang sekitar Rp9 triliun pertahun dari kunjungan wisatawan domestik. Sedangkan dari wisatawan mancanegara, potensi perputaran uangnya bisa mencapai Rp100 miliar

"Kalau melihat dari target kita, para wisatawan berbelanja secara maksimal di sini, maka akan ada perputaran uang di Sulsel mencapai sekitar Rp9 triliun, itu hanya dari sektor pariwisata saja. Tentu hal ini akan memberi dampak positif bagi masyarakat, terutama UMKM," paparnya, Senin (10/4/2023).

Devo pun menjelaskan, salah satu upaya yang akan dilakukan pihaknya dalam memenuhi target tersebut adalah memanfaatkan libur lebaran tahun ini. Pihak pemprov dikatakannya tengah merancang daftar destinasi wisata layak kunjung saat libur lebaran bersama pemerintah kabupaten/kota se-Sulsel. Rencananya, pekan depan daftar ini akan mulai di publikasi di beberapa platform media.

Publikasi daftar ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat, terutama wisatawan domestik dalam menentukan tujuan wisata mereka di Sulsel saat memasuki libur Lebaran. Informasi yang jelas diharapkan akan memancing wisatawan untuk  datang berwisata di wilayah ini.

"Informasi yang jelas dan masif kita harapkan akan memancing mereka yang ingin berwisata. Kami akan mengeluarkan daftar destinasi wisata layak saat libur Lebaran mulai pekan depan, jadi tidak usah bingung kalau mau ke Sulsel," ujarnya.

Beberapa destinasi populer yang kemungkinan akan masuk dalam daftar adalah Panta Bira di Bulukumba, Wisata Karst Rammang-Rammang dan Geopark Maros-Pangkep, hingga wisata budaya di Tana Toraja.

Sementara Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel Suntono belum lama ini mengatakan, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Sulsel pada Februari 2023 tercatat sebanyak 1.488 orang atau mengalami peningkatan 36,51 persen dibandingkan kunjungan Wisman pada bulan sebelumnya yang hanya 1.090 kunjungan.

Secara kumulatif, kunjungan wisatawan mancanegara di wilayah ini dari Januari - Februari 2023 sudah ada sebanyak 2.578 kunjungan.

"Angka ini tentu lebih baik jika dibandingkan tahun sebelumnya, di mana pada Januari - Februari 2022 tidak ada sama sekali Wisman yang mengunjungi Sulsel," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper