Sulsel Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang, Ini Perkiraannya

Masyarakat diimbau waspada, terutama masyarakat pesisir. Diprediksi hujan lebat berintensitas 20-50 mm/jam dengan disertai petir dan angin kencang.
Ilustrasi cuaca buruk disertai petir./JIBI
Ilustrasi cuaca buruk disertai petir./JIBI

Bisnis.com, MAKASSAR - Potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang diperkirakan akan terjadi di sebagian besar wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) hingga 17 April 2023. Masyarakat diimbau untuk waspada terhadap potensi ini, terutama yang tinggal di daerah pesisir.

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah IV Makassar Hanafi Hamzah mengatakan, Sulsel diperkirakan akan diguyur hujan lebat berintensitas 20 - 50 mm/jam dengan disertai petir dan angin kencang berkecepatan 24 knot hingga 13 April 2023. Namun dimungkinkan kondisi ini akan berlangsung lebih lama hingga 17 April 2023.

"Jadi selama tiga hari ke depan kita perkirakan kondisi ini akan terus terjadi, untuk selanjutnya sampai tanggal 17, kita akan lihat lagi pengaruhnya, apakah masih akan terjadi atau tidak. Tapi sejauh ini kita perkiraan kondisi serupa akan terjadi sampai 17 April 2023," ungkapnya kepada Bisnis, Senin (10/4/2023).

Hanafi menjabarkan, setidaknya ada 21 kabupaten/kota yang diperkirakan berpotensi terjadi hujan lebat disertai petir dan angin kencang hingga 13 April 2023, antara lain Luwu Timur, Luwu Utara, Palopo, Luwu, Toraja Utara, Tana Toraja, Enrekang, Pinrang, Parepare, Jeneponto, Takalar, Sidrap, Sinjai, Bulukumba, Selayar, Bantaeng, Barru, Pangkep, Maros, Makassar, dan Gowa.

Sementara untuk kondisi yang diperkirakan lebih lama atau hingga 17 April 2023, antara lain Luwu Utara, Palopo, Luwu, Enrekang, Pinrang, Parepare, Jeneponto, Takalar, Barru, Pangkep, Maros, Sidrap, Sinjai, Bulukumba, Gowa, dan Makassar.

Demi meningkatkan keamanan masyarakat, Hanafi mengimbau agar masyarakat tidak banyak beraktivitas di luar ruangan saat hujan lebar terjadi. Terutama bagi masyarakat yang tinggal di daerah pesisir atau yang berprofesi sebagai nelayan, diperingatkan untuk berhati-hati menghadapi potensi cuaca ini.

Angin kencang yang terjadi berpotensi menimbulkan gelombang laut yang tinggi, oleh karena itu ancaman gelombang tinggi pun bisa saja terjadi pada periode hujan lebat tersebut.

"Untuk masyarakat terutama masyarakat pesisir, waspada angin kencang. Angin kencang ini juga bisa membuat gelombang laut semakin tinggi, jadi perlu diwaspadai bersama," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper