Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cakupan PDAM Makassar Masih 69 Persen, Ini Strategi Meningkatkan

Cakupan layanan PDAM Kota Makassar saat ini masih 69 persen atau sekitar 200.000 pelanggan.
Kantor PDAM Kota Makassar di Jalan DR. Ratulangi No. 3, Kota Makassar, Sulawesi Selatan./PDAM Kota Makassar.
Kantor PDAM Kota Makassar di Jalan DR. Ratulangi No. 3, Kota Makassar, Sulawesi Selatan./PDAM Kota Makassar.

Bisnis.com, MAKASSAR — Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PDAM) Kota Makassar tengah menargetkan cakupan pelayanan mereka pada tahun ini bisa menembus 85 persen atau sekitar 250.000 pelanggan. Manajemen optimistis dengan target tersebut meskipun cakupan pelayanan eksisting berada di 69 persen atau sekitar 200.000 pelanggan.

Direktur Utama PDAM Kota Makassar Beni Iskandar mengungkapkan, untuk mencapai target itu, pihaknya tengah menginisiasi pembangunan instalasi baru di wilayah timur dan barat Kota Makassar. Selain itu PDAM juga selalu melakukan peremajaan di sumber air baku yang berada di Bendungan Leko Paccing untuk meyakinkan masyarakat akan kualitas airnya yang baik.

Beni menyebut, distribusi air bersih yang dirasakan masyarakat saat ini sudah melalui proses pemeriksaan bakteri, klor, hingga pemeriksaan tingkat kekeruhan air di laboratorium.

"Jadi sebelum masuk di pipa besar untuk masyarakat, itu sudah melalui uji lab. Tapi klasifikasinya air bersih. Air bersih itu kan harus diproses dulu untuk menjadi air minum," jelasnya, Jumat (24/3/2023)

Tidak hanya itu, PDAM Kota Makassar diungkapkan Beni juga tengah gencar menghadirkan layanan air prima atau air siap minum yang disiapkan di sejumlah titik, antara lain satu titik di wilayah Barombong dan tiga titik di kawasan Pantai Losari.

"Selain di lokasi-lokasi itu, kami juga akan wujudkan lagi di timur kota beberapa fasilitas tersebut," paparnya.

Guna mewujudkan penyediaan air minum aman, Pemerintah Kota Makassar berkolaborasi dengan USAID dalam program USAID IUWASH Tangguh. Program ini merupakan program kerja sama antara Pemerintah Amerika Serikat dan Pemerintah Republik Indonesia yang berfokus pada penyediaan akses air minum dan sanitasi yang aman. 

Regional Manager USAID IUWASH Tangguh Rieneke Rolos mengatakan, dukungan yang diberikan pihaknya kepada Pemkot Makassar adalah memberikan pendampingan kepada operator pengelola air, dalam hal ini PDAM Kota Makassar. Mulai dari peningkatan kapasitas, hingga kebutuhan lain dalam rangka peningkatan layanan PDAM untuk menghadirkan air bersih dan air minum aman.

"Kami mendukung penuh Pemkot Makassar dalam pengelolaan air minum mulai dari sumber air baku, penanganan air baku, hingga penjagaan lingkungan di sekitar air baku itu," ungkapnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper