Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Buka Wilayah Terisolir, Sulsel Rampungkan Pengerjaan Jalan Toraja - Luwu

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menyelesaikan pengerjaan jalan Ruas Rantepao - Sa'dan - Batusitanduk sepanjang 5,4 km senilai Rp29,5 miliar.
Nugroho Nafika Kassa
Nugroho Nafika Kassa - Bisnis.com 09 Januari 2023  |  09:16 WIB
Buka Wilayah Terisolir, Sulsel Rampungkan Pengerjaan Jalan Toraja - Luwu
Ruas Rantepao - Sa'dan - Batusitanduk yang menghubungkan Kabupaten Toraja Utara dan Luwu ini baru saja dirampungkan pengerjaannya sepanjang 5,4 km - Pemprov Sulsel
Bagikan

Bisnis.com, MAKASSAR - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) menyelesaikan pengerjaan jalan Ruas Rantepao - Sa'dan - Batusitanduk sepanjang 5,4 km senilai Rp29,5 miliar.

Jalan yang menghubungkan Kabupaten Toraja Utara dan Kabupaten Luwu ini akan menjadi akses yang digunakan masyarakat sebagai jalur alternatif penunjang jika jalan nasional pada ruas Rantepao - Palopo tidak dapat dilalui.

Melalui pembangunan jalan ini diharapkan bisa memudahkan aksesibilitas masyarakat dalam menunjang kelancaran transportasi.

"Kita tuntaskan ruas jalan ini untuk pengerjaan tahun 2022 dengan konstruksi jalan aspal ditambah bahu beton," kata Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman di Makassar, Minggu (8/1/2023).

Andi menambahkan, ruas jalan yang menghubungkan dua kabupaten ini dikerjakan secara bertahap. Pada 2020 telah dibangun sepanjang 3 km, sementara 2021 telah ditangani sepanjang 11,40 km.

"Insyaallah pengerjaannya masih akan berlanjut pada tahun 2023 ini secara bertahap," ujar Andi Sudirman.

Ruas jalan ini juga diharapkan dapat membuka akses warga Luwu Raya ke Toraja, sekaligus jalur pintas akses barang dan jasa untuk mendukung percepatan ekonomi dan pariwisata.

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Marga PUTR Sulsel Irawan Dermayasamin Ibrahim mengatakan bahwa jalan tersebut sebelumnya berupa jalan tanah yang sulit dilalui kendaraan.

Oleh karena itu pengerjaannya akan sekaligus membuka akses masyarakat yang terisolir di wilayah tersebut.

"Sebelumnya ini jalan tanah dan dengan hadirnya jalan ini membuka akses terisolir di wilayah tersebut," kata Irawan Dermayasamin Ibrahim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sulawesi selatan sulsel gubernur sulawesi selatan
Editor : Taufan Bara Mukti
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top