Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemulihan Ekonomi, Sulsel Pacu Peningkatan Ekspor dan Investasi

Meski menurun akibat terdampak pandemi, namun pertumbuhan ekonomi Sulsel adalah yang terbaik di Indonesia.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 04 November 2020  |  08:13 WIB
Kendaraan melintas di Jalan Tol Seksi Empat (JTSE) Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (26/2/2020). Bisnis - Paulus Tandi Bone
Kendaraan melintas di Jalan Tol Seksi Empat (JTSE) Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (26/2/2020). Bisnis - Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, MAKASSAR - Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan Abdul Hayat Gani, menekankan, bahwa pemulihan ekonomi pascapandemi berfokus pada peningkatan ekspor dan peluang investasi.

Abdul Hayat mengatakan meski volume ekspor Sulsel telah bergerak ke angka yang lebih positif yakni berada di atas rata-rata nasional, namun seluruh pihak harus terus berupaya agar ekonomi Sulsel bisa tumbuh seperti sedia kala.

"Fokus pemulihan ekonomi kita pascapandemi adalah pada peningkatan nilai ekspor dan terbukanya peluang investasi," kata Abdul Hayat dilansir dari Antara, Rabu (4/11/2020).

Ia mengungkapkan, meski menurun akibat terdampak pandemi, namun pertumbuhan ekonomi Sulsel adalah yang terbaik di Indonesia.

Terkait inflasi, menurut Abdul Hayat, saat ini perkembangannya pangan sangat dipengaruhi oleh ketersediaan stok, persoalan distribusi perdagangan, serta rantai pasar yang belum efisien dan efektif antar kabupaten/kota.

Salah satu langkah konkrit yang telah dilakukan oleh TPID, yaitu untuk mendorong Pengembangan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS), dalam hal ini SIGAP pada Sekretariat TPID Pemprov Sulsel.

"Kita mendorong perkembangan sistem resi gudang di Kabupaten/Kota sebagai salah satu piranti untuk menjaga stabilitas pangan," jelasnya.

Dia pun berharap seluruh pihak dapat bersinergi satu sama lain dalam rangka pemulihan ekonomi secara umum.

Oleh karena itu, tegasnya, ke depan dibutuhkan penguatan komitmen dan kerjasama antar pemerintah kabupaten kota untuk mengatasi berbagai masalah yang dapat mempengaruhi stabilitas harga pangan di setiap daerah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sulsel perekonomian sulsel

Sumber : Antara

Editor : Amri Nur Rahmat
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top