Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ada Potensi Cuaca Ekstrem Tiga Hari ke Depan, Ini Penjelasan BMKG

Selama bulan September-Oktober ini, periode peralihan musim (pancaroba) dari kemarau ke penghujan.
Ilustrasi cuaca ekstrem./Antara-Sahrul Manda Tikupadang
Ilustrasi cuaca ekstrem./Antara-Sahrul Manda Tikupadang

Bisnis.com, KENDARI - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan bahwa beberapa wilayah Indonesia termasuk Provinsi Sulawesi Tengggara (Sultra) dalam tiga hari ke depan berpotensi terjadi cuaca ekstrem saat peralihan musim (pancaroba) dari kemarau ke penghujan.

Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto, mengatakan bahwa pihaknya telah mengeluarkan informasi prakiraan awal musim hujan tahun 2020, dimana diprediksikan bahwa sebagian besar wilayah Indonesia akan memasuki periode awal musim hujan mulai akhir bulan Oktober-November 2020.

"Selama bulan September-Oktober ini, periode peralihan musim (pancaroba) dari kemarau ke penghujan masih berlangsung di beberapa wilayah Indonesia, dimana kondisi hujan tidak merata dapat terjadi dengan intensitas sedang hingga lebat dalam durasi singkat," kata Guswanto, melalui siaran pers BMKG, yang diterima Antara di Kendari, Selasa (22/9/2020).

Guswanto menjekaskan pada masa peralihan musim, perlu diwaspadai potensi cuaca ekstrem seperti hujan lebat dalam durasi singkat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang, angin puting beliung, bahkan fenomena hujan es.

Daerah-daerah yang diprediksi berpotensi hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir dalam periode sepekan, yaitu periode 22-24 September di antaranya Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

Selanjutnya periode 25-28 September 2020, di di antaranya Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, hujan es, dan lain-lain, dimana dampak yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper