Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Genjot Pariwisata Toraja, Wagub Sulsel Usulkan Subsidi Tiket Pesawat

Dengan adanya subsidi itu, maka akan meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara maupun domestik.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 01 September 2020  |  09:24 WIB
Pesawat Kalibrasi Hawker 900 XP sukses melakukan pendaratan perdana di Bandara Buntu Kunik Toraja, pada Rabu (13/8 - 2020), pukul 10.30 Wita / Antara
Pesawat Kalibrasi Hawker 900 XP sukses melakukan pendaratan perdana di Bandara Buntu Kunik Toraja, pada Rabu (13/8 - 2020), pukul 10.30 Wita / Antara

Bisnis.com, MAKASSAR - Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menyarankan agar Pemkab Tana Toraja menghadirkan subsidi tiket khusus untuk wisatawan.

Andi Sudirman mengatakan dengan adanya subsidi itu, maka akan meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara maupun domestik yang ke Toraja. Menurutnya, Pemerintah harus menjamin tersedianya alokasi anggaran subsidi tiket penerbangan.

“Kita minta Pemda memberi subsidi, bekerjasama Pemprov dan Pemerintah pusat sehingga pihak airlines atau maskapai yang memberi pelayanan transportasi udara (penerbangan rute Makassar-Toraja), akan selalu ada,” kata Andi Sudirman dikutip Antara, Selasa (1/9/2020).

Dia pun menyampaikan, pemerintah daerah dan pemerintah provinsi bersinergi dalam membangun infrastruktur, sarana maupun prasarana untuk menonjolkan wisata kearifan lokal, budaya dan panorama alam.

Jika kunjungan wisatawan meningkat, maka akan menjadikan lokasi destinasi pariwisata semakin menggeliat. selain itu akan berefek pada peningkatan perekonomian bagi masyarakat di Toraja dan sekitarnya.

Andi Sudirman menambahkan, runway atau landasan pacu Bandara Buntu Kunik bisa diperpanjang hingga 3.200 meter untuk memaksimalkan operasional penerbangan.

“Kita butuh ekspansi dari 1.900, menjadi runway 3.200 meter. Dan pemerintah pusat membantu akses direct flight domestik maupun internasional, tanpa transit ke Makassar. Jadi bisa mempersingkat (penerbangan),” pungkasnya.

Wagub sekaligus mendorong Pemkab untuk memaksimalkan bandara Buntu Kunik apalagi , jelas dia, saat ini pemerintah pusat tengah merancang program dalam Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Yang diharapkan, subsidi penerbangan ini bisa dilakukan sebagai upaya PEN,” imbuhnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sulsel Tana Toraja

Sumber : Antara

Editor : Amri Nur Rahmat
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top