Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Toraja Didorong Jadi Ikon Pariwisata Dunia

Pemprov Sulsel tengah berusaha mengangkat pamor Kabupaten Tana Toraja sebagai ikon pariwisata kelas dunia.
Rumah adat Toraja./Wikipedia
Rumah adat Toraja./Wikipedia

Bisnis.com, MAKASSAR — Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) tengah berusaha mengangkat pamor Kabupaten Tana Toraja sebagai ikon pariwisata kelas dunia dengan segala potensi yang dimiliki. Kekayaan budaya, bentang alam, hingga industri kerajinan yang berkembang diharapkan bisa menjadikan wilayah ini tujuan utama wisata.

Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel Jufri Rahman mengatakan ada beberapa potensi wisata yang bisa dikelola menjadi lebih berkembang. Selain beberapa lokasi wisata alam baru yang mulai bermunculan seperti Bukit Ollon, wisata budaya seperti upacara Rambu Solo, Ma’nene, dan pengenalan Rumah Adat Tongkonan diproyeksi bisa menjadi daya tarik tambah bagi wisatawan.

Wisata budaya di Toraja sendiri selama ini tidak hanya dianggap menjadi simbol identitas, tetapi juga menunjukkan betapa kuatnya komitmen masyarakat di wilayah tersebut dalam merawat tradisi yang sudah turun-temurun. 

Tradisi yang sarat dengan nilai-nilai kehidupan dan keharmonisan ini, dikatakan Jufri, bisa mengantarkan Toraja menjadi salah satu ikon pariwisata di Indonesia yang mendunia. 

"Keindahan alam yang luar biasa, menjadikan Toraja sebagai destinasi wisata yang selalu menarik perhatian, baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Begitu juga dengan wisata budayanya yang sangat kental dengan masyarakat di sana, bisa menjadi daya tarik kuat pariwisata," ungkapnya saat menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-67 Tana Toraja di Plaza Kolam Makale, Senin (16/9/2024).

Selain alam dan budaya, potensi besar juga ada pada sektor kerajinan tangan dan industri kreatif. Produk-produk kerajinan lokal asli Toraja seperti tenun hingga ukiran khas Toraja dianggap memiliki nilai seni yang tinggi dan mampu bersaing di pasar global. 

Melalui penguatan akses terhadap pasar dan inovasi dalam desain, pemerintah provinsi pun tengah berjanji akan mendorong produk-produk ini menjadi daya tarik tambahan bagi wisatawan dan pasar ekspor.

Maka dari itu, Pemprov Sulsel mulai saat ini tengah membangun berkomitmen untuk bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat dalam mempercepat pembangunan infrastruktur yang memadai di Toraja, melakukan pengelolaan destinasi yang profesional, dan melakukan peningkatan kapasitas sumber daya manusia di sektor pariwisata.

"Komitmen ini akan menjadi kunci untuk memperkuat posisi Toraja sebagai destinasi unggulan dunia. Implikasinya akan mendukung pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, karena di samping itu kami juga akan terus mendorong pengembangan sektor pertanian dengan memperkuat kualitas produk, akses pasar, dan teknologi modern, khususnya kepada pelaku UMKM yang selama ini menjadi tulang punggung perekonomian nasional," jelasnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper