Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan online Meningkat Selama Pandemi, Produk Kesehatan Paling Dicari

Penjualan online di Indonesia melonjak 320% pada Maret 2020 dan 480% pada April 2020.
Belanja online/Ilustrasi
Belanja online/Ilustrasi

Bisnis.com, MAKASSAR - Berdasarkan hasil survei Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen Institut Pertanian Bogor (IPB) selama masa pandemi Covid-19, produk kesehatan menjadi produk yang paling banyak dicari masayarakat.

Survei tersebut juga merujuk pada laporan 'Tinjuan Big Data 2020 terhadap Dampak Covid-19' oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Dari laporan itu menunjukkan bahwa penjualan online atau daring di Indonesia meningkat tajam pada Februari-juli 2020 meningkat tajam dibandingkan pada Januari 2020.

Penjualan online di Indonesia melonjak 320% pada Maret 2020 dan 480% pada April 2020, keduanya dibandingkan penjualan dari pada awal tahun. Melihat tren ini Dosen Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen IPB Megawati Simanjuntak mengatakan produk kesehatan, baik berupa makanan atau minuman menjadi produk yang paling dicari.

"Senada dengan survei konsumen, produk kesehatan seperti makanan sehat, suplemen, minuman kaya gizi seperti susu dan yoghurt menjadi barang yang paling dicari, karena saat ini konsumen lebih fokus pada produk-produk yang memiliki nilai bagi kesehatannya," jelas Megawati dalam keterangan yang diterima Bisnis, Senin (31/8/2020).

Megawati menyarankan agar konsumen bersikap cerdas ketika memutuskan berbelanja produk-produk ini secara darinh dan jeli memperhatikan. Termasuk memahami produk yang ditawarkan penjual yang hendak dibeli

Di sisi lain, Ketua Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan (PKGK) FKM Universitas Indonesia Ahmad Syafiq menyampaikan peningkatan kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan diri dan keluarga menjadi sebuah perubahan perilaku yang positif. Termasuk dalam memenuhi asupan gizi.

"Di tengah Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), masyarakat mau tidak mau harus beradaptasi dan terus mencari informasi tentang kesehatan. Dalam situasi seperti ini menjaga imunitas tubuh menjadi hal yang utama dengan teratur mengasup makanan bergizi," kata Syafiq.

Syafiq juga menambahkan bahwa imunitas tubuh bisa dicapai dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung protein hewani dengan kandungan asam amino esensial yang berfungsi memperbaiki sel yang rusak serta menjaga imunitas.

Sumber protein hewani kata Syafii, banyak ditemui dari susu, daging, dan telur. Meski begitu, asupan gizi harus dibarengi dengan aktivitas fisik dan olahraga rutin agar sistem imunitas dapat bekerja secara optimal.

"Pandemi Covid-19 telah mengubah kebiasaan masyarakat dalam menyikapi kesehatan diri dan keluarga, beraktivitas di luar rumah, hingga bertransaksi yang memengaruhi berbagai aspek kehidupan termasuk dunia layanan pelanggan," ungkapnya.

Melihat hal itu, PT Frisian Flag Indonesia (FFI) berkomitmen untuk berkontribusi secara positif bagi masyarakat Indonesia, dengan mengusung visi ‘Nourishing by Nature’ melalui ketersediaan gizi berkualitas. Hal itu juga merupakan salah satu program yang digodok dalam menyambut Hari Pelanggan Nasional pada 4 September mendatang.

Corporate Affairs Director PT Frisian Flag Indonesia Andrew F. Saputro mengatakan Hari Pelanggan Nasional adalah momen penting bagi Frisian Flag Indonesia (FFI) untuk terus menjaga kepercayaan dengan menyediakan produk dan layanan terbaik kepada pelanggan.

"FFI terus berinovasi untuk memproduksi minuman susu berkualitas untuk menjadi favorit keluarga serta meningkatkan layanan agar pelanggan mudah mendapatkan produk kami, terutama di masa ini," jelas Andrew.

Menurutnya, meski masyarakat dihadapkan pada keterbatasan mobilitas dengan adanya Adaptasi Kebiasaan Baru, produk-produk Frisian Flag tetap mudah diperoleh agar pelanggan dapat terus menyediakan minuman bergizi untuk diri dan keluarganya.

"Kami juga terus berupaya untuk menjadi mitra keluarga Indonesia dengan terus memberikan informasi tentang pentingnya edukasi gizi dan menjaga kesehatan,” ungkap Andrew. (k36)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper