Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sulut Catat Penularan Covid-19 Mencapai Jumlah Signifikan

Dalam tiga hari dilaporkan peningkatan kasus yang sangat signifikan.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 10 Juli 2020  |  22:05 WIB
Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid/19 Sulut, dr Steaven Dandel.
Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid/19 Sulut, dr Steaven Dandel.

Bisnis.com, MANADO - Selama tiga hari berturut-turut tanggal 8-10 Juli 2020, angka penularan Covid-19 mencapai jumlah tertinggi, sebut Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulut, dr Steaven Dandel di Manado, Jumat (10/7/2020).

"Dalam tiga hari dilaporkan peningkatan kasus yang sangat signifikan. Berturut-turut dari tanggal 8 Juli 2020 sebanyak 89 kasus, tanggal 9 Juli 2020 sebanyak 88 kasus dan pada hari ini sebanyak 132 kasus. Total pertambahan adalah 309 kasus," ujarnya.

Menurut dr Steaven, sekian banyak kasus yang dilaporkan sepanjang tiga hari ini adalah akumulasi hasil laboratorium yang diterima pada rentang tujuh hari terakhir.

"Sampel yang diterima yakni sebanyak 4.216 sampel," jelasnya.

Dokter Steaven merinci, hasil negatif sebanyak 3.335 dan sampel positif sebanyak 748 sampel, terdapat 133 sampel yang hasilnya inkonklusive/invalid.

"Dari total 748 sampel yang positif terdapat 365 kasus baru dan sisanya sebanyak 383 adalah double register dan kasus lama," jelasnya.

Dia menambahkan, Gugus Tugas Covid-19 Nasional masih mengumumkan jumlah kasus kumulatif di Sulawesi Utara sebanyak 1.570, karena masih ada sembilan kasus double register yang harus diperbaiki.

Hari ini, kasus baru yang diumumkan adalah 132 dan bukan 137 seperti yang dirilis oleh Gugus Tugas Pusat, terdapat lima kasus yang double register.

Seringnya terjadi register ganda ini karena penginputan nama yang dilakukan oleh pengambil swab dilakukan secara manual dan seringkali dengan ejaan yang berbeda.

Oleh sistem ketidakkonsistenan nama ini seringkali diidentifikasi sebagai individu yang berbeda, karenanya dibutuhkan waktu untuk verifikasi lebih detail terkait hal ini, ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sulut Virus Corona

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top