Penerbangan Langsung Manado-Morotai Bakal Dorong Pariwisata Sulut

Pembukaan penerbangan langsung dari Manado ke Morotai diyakini sejumlah pihak akan berimbas positif bagi industri pariwisata di kedua destinasi.
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 17 September 2019  |  19:46 WIB
Penerbangan Langsung Manado-Morotai Bakal Dorong Pariwisata Sulut
Ilustrasi - Pesawat ATR milik TransNusa - Bisnis/Istimewa

Bisnis.com,MANADO— Pembukaan penerbangan langsung dari Manado ke Morotai diyakini sejumlah pihak akan berimbas positif bagi industri pariwisata di kedua destinasi. 

Dino Gobel, Staf Khusus Gubernur Sulut Bidang Pariwisata menilai bahwa dibukanya penerbangan langsung Manado—Morotai akan menguntungkan dua destinasi. Apalagi, dua wilayah itu memang menjadi tujuan prioritas yang dicanangkan oleh pemerintah.

“Morotai selaku bagian dari 10 Beyond Bali yang telah ditetapkan Menteri Pariwisata sejak 2015 lalu dan Manado yang identik dengan Bunaken dan Likupang nanti sebagai telah ditetapkan sebagai Destinasi Super Prioritas oleh Presiden Joko Widodo,” ujarnya kepada Bisnis, Selasa (17/9/2019).

Secara detail, Dino menjelaskan bahwa penerbangan langsung Manado—Morotai akan memilikii efek jaringan pemasaran dalam sitem penjualan. Artinya, turis yang datang ke Morotai pasti akan transit di Manado atau sebaliknya.

Dia menggambarkan rata-rata wisatawan mancanegara (wisman) yang masuk melalui Manado mencapai 10.000 orang per bulan. Pada Januari 2019—Agustus 2019, jumlah kedatangan wisman sudah mencapai 90.000 dengan target 150.000 tahun ini.

Dari sisi domestik, kedatangan wisatawan sudah mencapai 2 juta hingga Agustus 2019. Kunjungan wisatawan domestik ditargetkan mencapai 2,5 juta pada tahun ini.

“Pada 2020, angka kunjungan akan naik drastis dengan asing 200.000 orang dan domestik 3 juta orang,” paparnya.

Dengan proyeksi itu, Dino menyebut akan banyak turis yang datang ke Bunaken. Oleh karena itu, Gubernur Sulawesi Utara menciptakan strategi untuk mencari penyanggah destinasi itu atau Bunaken Baru.

Adapun, lokasi tersebut tersebar di beberapa pulau di Minahasa Utara. 

Dengan demikian, Morotai juga akan menjadi salah satu destinasi penyanggah Bunaken yang potensial. Menurutnya, wilayah tersebut memiliki alam bawah laut dan pantai yang cantik.

Untuk mewujudkan rencana itu, pihaknya menilai perlu kerja keras seluruh pemangku kepentingan termasuk asosiasi industri. Bahkan, tidak menutup kemungkinan diperlukannya nota kesepahaman antara pemerintah, asosiasi, dan pihak terkait lainnya.

“Kami siap mendukung karena peluang ini baik,” imbuhnya.

Secara terpisah, Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia atau Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) Sulawesi Utara Merry Karouwon menyambut positif rencana pembukaan rute langsung Manado—Morotai. Menurutnya, akan tercipta hub dengan adanya pembukaan rute tersebut.

“Jadi mereka ambil tamu yang datang ke Manado untuk ke Morotai atau sebaliknya,” jelasnya.

Seperti diketahui, Maskapai Wings Air bersiap meluncurkan layanan penerbangan dari Manado ke Morotai pada 22 September 2019. Untuk tahap awal, akan disiapkan penerbangan pergi pulang tiga kali dalam sepekan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
manado, sulut

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top