Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkab Luwu Utara Optimistis Ekonomi Tumbuh di atas 7,6 Persen

Pemerintah Kabupaten Luwu Utara mengaku optimistis akan target pencapaian pertumbuhan ekonomi di angka 7,6 persen. Optimisme itu ditunjukkan oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani.
Aktivitas pedagang dan konsumen di pasar tradisional/ANTARA-Irwansyah Putra
Aktivitas pedagang dan konsumen di pasar tradisional/ANTARA-Irwansyah Putra

Bisnis.com, MAKASSAR -- Pemerintah Kabupaten Luwu Utara mengaku optimistis akan target pencapaian pertumbuhan ekonomi di angka 7,6 persen. Optimisme itu ditunjukkan oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani.

Sejak dua tahun terakhir, pertumbuhan ekonomi Luwu Utara sebesar 7,6 persen menduduki posisi di atas pertumbuhan ekonomi Sulsel dimana pada 2018 lalu bertengger di 7,23 persen juga nasional sebesar 5,2 persen. Indah menyebut, pertumbuhan ekonomi yang tinggi ini diperkuat dengan data gini ratio yang sangat rendah yakni 0,221. 

"Hal ini menunjukkan bahwa pembangunan di Luwu Utara dilakukan secara merata, inklusif dan partisipatif melalui pemberdayaan masyarakat. Angka ini sangat menggembirakan karena terjadi pemerataan pembangunan di Luwu Utara," kata Indah saat membuka Musrenbang Kabupaten di Kantor Bupati Luwu Utara, Selasa (19/3/2019).

Pemkab Luwi Utara sendiri mendapat tantabgn dari Pemerintah Provinsi Sulsel yakni menaikkan pertumbuhan ekonomi di atas 7,6 persen hingga 8,3 persen di 2020 mendatang. Target tersebut disambut Indah dengan penuh optimistis.  

Indah menerangkan, jika target pertumbuhan ekonomi yang ditetapkan Pemprov Sulsel terhadap Luwu Utara untuk 2020 di kisaran 7,6 – 8,3 persen, maka ia memprediksi pada 2019 ini perekonomian di daerah pimpinannya akan bertumbuh di angka 7,98 persen.

Karenanya, melalui Musrenbang Kabupaten, Indah berharap agar kegiatan tersebut dijadikan sebagai kegiatan yang bersifat extraordinary. Di mana kegiatan itu tidak sekadar memenuhi amanat dari Peraturan Perundang-undangan yang ada.

Yang terpenting kata Indah adalah bagaimana menjadikan Musrenbang sebagai kegiatan yang berkualitas, implementatif, efektif dan efisien. 

Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Pemprov Sulsel, Abdul Rahman Saleh, menyampaikan apresiasinya kepada Pemkab Lutra yang telah elaksanakan Musrenbang Kabupaten.

"Musrenbang ini adalah forum dialog antar-stakeholder yang memuat arah kebijakan program strategis yang bertujuan menyelaraskan segala program pemeritah," ungkap Saleh.

Kepala Bappeda Luwu Utara, Rusydi Rasyid menambahkan, tujuan dilaksanakannya Musrenbang adalah untuk menyelaraskan program dan sasaran pembangunan daerah dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan di provinsi. 

“Tujuan lain kita ingin mengklarifikasi usulan program dan kegiatan yang disampaikan masyarakat di Musrenbang Kecamatan,” kata Rusydi.

Di sisi lain pihaknya juga ingin mempertajam indikator kinerja program dan kegiatan prioritas daerah serta menyepakati prioritas pembangunan dan kegiatan prioritas daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper