Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ISEI Manado dan Bank Sulutgo Gelar Seminar Pengembangan Kewirausahaan

Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Cabang Manado, Sulawesi Utara dan Bank SulutGo berinisiatif mendorong pengembangan kewirausahaan di Bumi Nyiur Melambai dengan menggelar Seminar Pengembangan Kewirausahaan dengan menghadirkan unsur-unsur mahasiswa, pemerintah daerah, DPRD, akademisi, serta pelaku bisnis dan perbankan

Bisnis.com, MANADO - Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Cabang Manado, Sulawesi Utara dan Bank SulutGo berinisiatif mendorong pengembangan  kewirausahaan di Bumi Nyiur Melambai dengan menggelar Seminar Pengembangan Kewirausahaan dengan menghadirkan unsur-unsur mahasiswa, pemerintah daerah, DPRD, akademisi, serta pelaku bisnis dan perbankan.

Ketua Pantia Dr. Victor P.K. Lengkong,SE,M.Si mengatakan bahwa inisiasi kegiatan ini diawali dengan pemikiran bahwa mengapa lebih mudah mendapatkan wirausahawan kawanua yang berhasil di luar daerah, dibandingkan mencari wirausahawan kawanua di negeri sendiri.

“Berawal dari pemikiran inilah, ISEI Cabang Manado - Sulut menginisiasi sebuah rencana besar dalam kaitan dengan pengentasan kemiskinan, yaitu: pelatihan dan bimbingan teknis kepada para calon wirausahawan / wirausahawan baru (start up business), yang diawali dengan pelaksanaan seminar,” ujarnya, Minggu (22/10/2017).

Menurutnya kehadiran wirausahawan sangat dibutuhkan di setiap negara atau daerah karena perannya untuk menciptakan kesempatan kerja dan meningkatkan produksi dengan memanfaatkan setiap peluang.

Apalagi kemajuan ekonomi suatu bangsa dan peningkatan taraf hidup masyarakat dapat diwujudkan jika tersedia wirausahawan dalam jumlah yang cukup besar, minimal meliputi 2% dari jumlah penduduk – menurut David McClelland.

“Oleh sebab itu apresiasi kami setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran Bank SulutGo yang menyambut baik rencana besar ISEI Manado-Sulut dengan mensponsori kegiatan seminar ini,” ujarnya.

Kegiatan seminar tersebut akan mengambil tema Pengembangan Kewirausahaan dengan Semangat Mapalus.

Tema ini diambil dengan tujuan untuk mengingatkan dan mendorong berbagai pihak, terutama pemerintah daerah, akademisi, serta pelaku bisnis dan perbankan untuk memikirkan dan membuat kebijakan dan program yang berkaitan.

Kemudian, menindaklanjutinya dengan berbagai tindakan nyata yang bersifat kolaboratif dan berkesinambungan, sehingga para generasi muda dan/atau masyarakat umum memiliki minat berwirausaha.

Seminar pengembangan kewirausahaan ini akan dilaksanakan pada Senin, 23 Oktober 2017 di aula Gedung Bank Indonesia Sulawesi Utara dan direncanakan akan dihadiri 150 peserta.

Ratusan peserta ini sebagian besar berasal dari kalangan mahasiswa tingkat akhir dan kelompok incubator bisnis binaan beberapa perguruan tinggi di Sulut, seperti Universitas Sam Ratulangi; Universitas Negeri Manado; Universitas Klabat; Universitas De La Sale; dan IAIN, serta STIE Eben Haezer).

Direncanakan Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Olly Dondokambey sekaligus sekaligus Penasehat ISEI Cabang Manado-Sulut akan memberikan sambutan kunci, dengan topik “Pengentasan Kemiskinan Melalui Pengembangan Kewirausahaan Dengan Semangat MAPALUS”.

Pihaknya berharap dengan kegiatan seminar ini, Program OD-SK, diantaranya seperti target pengetasan kemiskinan dapat berhasil dicapai, seiring dengan upaya bersama, melalui semangat MAPALUS dalam menumbuhkembangkan minat dan jiwa kewirausahaan di kalangan masyarakat, khususnya generasi muda.

Kegiatan seminar yang juga merupakan wujud keterpanggilan ISEI Cabang Manado dalam pengabdiannya untuk menunjang Program ODSK tersebut akan mendatangkan pembicara utama warga kawanua, Prof. Roy Sembel, MBA,Ph.D dan Roy Mandey, MBA. Selain itu juga tiga pembicara lainnya yakni Kepala BI Sulut Soekowardjojo, Prof. Dr. Paulus Kindangen,SE,SU,MA selaku Ketua ISEI Cabang Manado-Sulut, dan Prof. Dr. Bernhard Tewal,ME.

Masing-masing pembicara akan menyampaikan materinya dengan topik masing-masing, seperti Soekawardojo mengambil topik Peran Perbankan dan Arah Kebijakan Bank Indonesia dalam Pengembangan Kewirausahaan, lalu Paulus Kindangen dengan topik: Inklusi Keuangan, Kewirausahaan dan Pengentasan Kemiskinan Berkelanjutan.

Kemudian Roy Sembel dengan topik Perkembangan FinTech’s: Peluang dan Tantangan Bagi UMKM. Lalu ada juga Roy Mandey dengan topik Membangun Spirit Kewirausahaan untuk Memulai Usaha Baru di Sulawesi Utara. Serta Bernhard Tewal dengan topik Intensi Kewirausahaan Mahasiswa Sulawesi Utara.

“Acara akan dibuka oleh Bapak Jeffrey A.M. Dendeng,SE,MM selaku Direktur Utama Bank SulutGo. Semoga dengan seminar ini, kita secara bersama-sama akan berbangga dengan slogan kewirausahaan kawanua yang berbunyi Berhasil di Tanah Rantau, Hebat di Negeri Sendiri. Mari Jo dengan Semangat Mapalus, kita jadikan kewirausahaan warga  Nyiur Melambai yang kita cintai bersama menjadi tuan rumah di kampung sendiri,” ujarnya.

Kegiatan yang disponsori Bank Sulutgo ini juga mengandeng media partner Bisnis Indonesia Group (Bisnis Indonesia / Bisnis.com), juga Tribun Manado dan Manado Post.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : News Editor
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler