Kalla Group Tambah Kapal Roro Rute Makassar-Jakarta

Oleh: Andini Ristyaningrum 16 Juli 2018 | 06:35 WIB
Ilustrasi.

Bisnis.com, MAKASSAR – Kalla Group kembali memperluas ekspansi bisnisnya melalui logistik laut. Kali ini dengan menambah armada kapal jenis roll on roll off (Roro) yang melayani angkutan kendaraan roda empat.

Kapal bernama Aishakamilah resmi bersandar di Pelabuhan Soekarno-Hatta pada Sabtu (14/7). Kapal bermuatan 30 ton itu melayani operasi angkutan kendaraan roda empat rute pulang pergi Makassar-Jakarta.

CEO Sub Holding Kalla Oto, Haryadi Kaimuddin menyatakan untuk pengadaan kapal berusia 26 tahun tersebut Kalla Group berinvestasi sebesar Rp70 miliar. Kapal MV Aishakamilah ini dioperasikan oleh PT Bumi Lintas Tama

"Besar harapan kami bersama PT Bumi Lintas Tama selaku unit bisnis Kalla Group, kapal ini bisa memenuhi tingginya permintaan lalu li yas angkutan kapal car carrier," kata Haryadi.

Kapal tersebut mampu mengangkut hingga truk juga mobil kecil dengan kapasitas hingga 700 unit. MV Aishakamilah sendiri memiliki dimensi panjang 106 meter. Rencananya rute kapal RoRo ini akan diperluas di berbagai pelabuhan di Indonesia Timur.

"Kami ingin fokus menggarap bisnis logistik laut. Ke depan kamu berharap Kalla Group bisa menjadi salah satu perusahaan ternama secara nasional bahkan internasional dalam bisnis logistik laut," jelas Haryadi.

COO PT Bumi Lintas Tama, Muhammad Naim menambahkan, kapal pengangkut kendaaran yang akan dioperasikannya ini nantinya akan melayani angkutan kendaraan dari berbagai jenis merek dagang. Tidak hanya untuk Toyota saja.

Kehadiran kapal tersebut kata dia, mampu menjawab kebutuhan distributor kendaraan yang kerap kali mendapat masalah dalam pengangkutan untuk jalur laut.

"Sulsel, khususnya Makassar termasuk sebagai kota dengan pertumbuhan pasar otomotif yang cukup tinggi. Kehadiran kapal angkutan kendaraan ini kami harap bisa jadi jawaban untuk mempermudah distribusinya," ungkap Naim.

Menurutnya, seringkali yang menjadi kendala dalam pengangkutan logistik adalah waktu tunggu karena kurangnya armada kapal. Olehnya itu kehadiran MV Aishakamilah bisa menjadi pilihan pengiriman kendaraan untuk mengurangi waktu tunggu kapal.

Pihaknya mengaku konsisten dengan penerapan direct call rute Jakarta-Makassar dengan lama perjalanan kapal kurang lebih tiga hari. Naim juga menjelaskan MV Aishakamilah menawarkan pengangkutan kendaraan dengan tarif yang kompetitif dan standar mutu sesuai SOP.

"Kami optimistis kapal uni bisa memberikan pelayanan car carrier terbaik kepada user. Kami juga akan melihat peluang pengembangan di bisnis lainnya," terang Naim.

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya