Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bandara Banggai Laut Siap Diresmikan, Begini Kondisinya

Bandara Banggai Laut memiliki panjang runway 1.200 x 30 meter yang hanya dapat didarati oleh pesawat Grand Caravan atau ATR72.
Foto udara suasana Bandara Banggai Laut di Kabupaten Banggai Laut, Sulawesi Tengah (Sulteng)./Antara-Humas Kemenhub.
Foto udara suasana Bandara Banggai Laut di Kabupaten Banggai Laut, Sulawesi Tengah (Sulteng)./Antara-Humas Kemenhub.

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyampaikan bahwa Bandara Banggai Laut yang dibangun di Kabupaten Banggai Laut, Sulawesi Tengah (Sulteng), siap diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), untuk meningkatkan konektivitas di daerah tersebut.

“Kabar baik bagi masyarakat di Kabupaten Banggai Laut bahwa Bandara Banggai Laut segera diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia (Jokowi),” kata Kepala Bagian Kerja Sama Internasional, Humas, dan Umum Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Udara Kemenhub Mokhmmad Khusnu dalam keterangan di Jakarta, Senin (25/3/2024).

Menurut Khusnu bandara tersebut menjadi salah satu langkah penting dalam pembangunan infrastruktur dan konektivitas transportasi udara di Sulawesi Tengah.

Khusnu menuturkan sejumlah infrastruktur bandara di Pulau Sulawesi seperti Bandara Banggai Laut, Bandara Taman Bung Karno, Bandara Bolaang Mongondow, dan Bandara Pohuwato akan diresmikan secara serentak oleh Presiden RI Joko Widodo yang terpusat di Bandara Mutiara Sis Al-Jufri di Palu.

Meski begitu, Khusnu tidak menyebutkan secara pasti kapan hari dan tanggal peresmian bandara tersebut. Namun dia menegaskan bandara tersebut bakal diresmikan Presiden Jokowi.

Sementara itu, Kepala Bandara Syukuran Aminuddin Luwuk yang juga Satuan Pelayanan (Satpel) Bandara Banggai Laut Nurul Anwar mengatakan pembangunan Bandara Banggai Laut telah dimulai sejak 2019, dan akan mulai beroperasi pada triwulan ketiga 2024.

Nurul menuturkan bandara tersebut akan menjadi pusat konektivitas vital bagi pengembangan ekonomi, pariwisata, dan pertumbuhan wilayah.

"Saat ini masih dalam tahap awal, dengan panjang runway 1.200 x 30 meter yang hanya dapat didarati oleh pesawat Grand Caravan atau ATR72. Terbatas, rencananya akan dapat didarati oleh pesawat berjenis ATR72, sehingga mampu meningkatkan mobilitas dan konektivitas udara di wilayah ini," jelas Nurul.

Ia mengatakan terminal bandara seluas 1.400 meter persegi diproyeksikan mampu menampung hingga 39.000 penumpang per tahun, untuk memberikan layanan yang nyaman dan efisien bagi para pengguna jasa transportasi udara khususnya bagi warga Banggai Laut dan sekitarnya.

"Kehadiran Bandara Banggai Laut merupakan bukti komitmen pemerintah untuk meningkatkan infrastruktur dan konektivitas di seluruh Indonesia, serta memberikan peluang baru bagi pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di Sulawesi Tengah," ujar Nurul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler