Sulut Diperkirakan akan Alami Cuaca Ekstrem Sampai 14 Januari 2024

Diperkirakan sebagian wilayah ini akan dilanda hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang.
Hujan disertai petir./JIBI
Hujan disertai petir./JIBI

Bisnis.com, MAKASSAR - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem untuk wilayah Sulawesi Utara (Sulut) hingga 14 Januari 2024. Diperkirakan sebagian wilayah ini akan dilanda hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang.

Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado Ben A Molle mengungkapkan, perkiraan tersebut berdasarkan adanya anomali suhu permukaan laut di Laut Sulawesi dan Teluk Tomini yang berkisar antara +0,5 derajat celsius hingga +3,5 derajat celsius, yang mana dapat mempengaruhi jumlah uap air sehingga bisa terbentuk menjadi awan cumulus dan cumulonimbus.

"Anomali suhu permukaan laut ini dapat membentuk awan cumulus dan cumulonimbus, sehingga perlu diwaspadai potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang,” ungkapnya, Selasa (9/1/2024).

Dia memerinci, pada 10 Januari 2024, cuaca ekstrem berkemungkinan terjadi di Kota Manado dan Kabupaten Kepulauan Sitaro. Sehari setelahnya atau 11 Januari 2024, diperkirakan akan terjadi di Kota Manado, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Kepulauan Sitaro dan Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Selanjutnya pada 12 Januari 2024, cuaca ekstrem diprediksi terjadi di Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Kepulauan Sitaro dan Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Pada 13 Januari 2024, cuaca ekstem diperkirakan akan meluas ke 12 wilayah antara lain di Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon, Kota Kotamobagu, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

Sementara pada 14 Januari 2024, berkemungkinan terjadi di Kota Manado, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa Utara dan Kabupaten Minahasa Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler