Sulsel Berencana Bentuk Tim Akses Keuangan Sampai Tingkat Desa

Targetnya untuk menjadikan TPKAD Sulsel menjadi yang terbaik se-Indonesia.
Seorang petani memperlihatkan cabai merah besar hasil panen di kebun miliknya di Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (6/1/2024)./JIBI
Seorang petani memperlihatkan cabai merah besar hasil panen di kebun miliknya di Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (6/1/2024)./JIBI

Bisnis.com, MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) berencana membentuk Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) sampai ke tingkat desa dan kelurahan. Tujuannya untuk lebih mengakselerasi perbaikan ekonomi masyarakat.

Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin mengungkapkan targetnya untuk menjadikan TPKAD Sulsel menjadi yang terbaik se-Indonesia dengan memperluas keberadaannya sampai di tingkat pemerintahan terbawah.

Fokusnya adalah memaksimalkan sektor-sektor unggulan seperti pertanian, perikanan, dan peternakan yang ada di tiap kabupaten/kota. Hal tersebut diyakininya bisa menjadi solusi mengubah ekonomi masyarakat agar keluar dari kemiskinan ekstrem, stunting dan pengangguran. 

"Ada mandat yang belum maksimal, itu namanya TPAKD agar dibentuk sampai kecamatan, desa, dan kelurahan. Saya mau TPAKD di Sulsel ini menjadi yang terbaik di seluruh Indonesia, agar bisa memperbaiki ekonomi masyarakat kita," ungkapnya di Makassar, Selasa (9/1/2024).

Sementara Pj Wali Kota Parepare Akbar Ali sepakat dengan usulan tersebut. Baginya pembentukan TPAKD sampai di tataran desa maupun kelurahan akan menghindarkan beberapa wilayah dari gejolak inflasi yang disebabkan oleh tanaman holtikultura seperti cabai.

Pasalnya, sejak saat ini cabai sudah ditanam di berbagai lokasi di wilayahnya, terutama untuk menghadapi hari-hari penting seperti Ramadan. Oleh karena itu kehadiran TPAKD di tiap jengkal wilayah akan memudahkan pihaknya dalam mengakselerasi tingkat kesejahteraan masyarakat.

"Kami terus melakukan penanaman cabai dari sekarang. InsyaAllah nanti pada saat bulan puasa sudah panen. Kami harapkan TPAKD nantinya bisa meningkatkan percepatan akses keuangan di daerah dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi daerah serta mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler