Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fasilitas Air Siap Minum Hadir di Selayar dan Bantaeng

Fasilitas air siap minum yang dibangun Pemprov Sulsel berada di Kabupaten Kepulauan Selayar dan Bantaeng
Sejumlah warga di Pulau Karumpa Kabupaten Kepulauan Selayar tengah antre untuk mendapatkan air siap minum di unit arsinum yang baru saja dioperasikan./Pemprov Sulsel
Sejumlah warga di Pulau Karumpa Kabupaten Kepulauan Selayar tengah antre untuk mendapatkan air siap minum di unit arsinum yang baru saja dioperasikan./Pemprov Sulsel

Bisnis.com, MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) merampungkan pembangunan unit instalasi air siap minum (Arsinum) di dua lokasi, yaitu di Pulau Karumpa, Kecamatan Pasilambena, Kabupaten Kepulauan Selayar dan di kawasan pesisir Desa Bonto Jai, Kecamatan Bisappu, Kabupaten Bantaeng.

Dua arsinum ini sebagai bagian dari target 11 unit yang akan dibangun di Sulsel selama 2023.

Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, sasaran pembangunan arsinun ini memang ditujukan untuk masyarakat kepulauan, pesisir, dan daerah rawan air minum layak dan aman. Tujuannya untuk memberikan pasokan air yang layak bagi masyarakat di lokasi-lokasi tersebut.

"Kita berharap dengan adanya teknologi arsinum ini akan bermanfaat untuk masyarakat kita di kepulauan maupun di pesisir, sehingga masyarakat dapat menikmati air minum layak dan aman," ungkapnya di Makassar, Rabu (5/7/2023).

Kepala Desa Karumpa, Kabupaten Kepulauan Selayar, Karmili mengatakan arsinum di wilayahnya bisa mencakup sebanyak 360 rumah atau sekitar 400 kepala keluarga di Pulau Karumpa.

Andi sangat bersyukur unit ini bisa didirikan di wilayahnya mengingat Desa Karumpa merupakan pulau yang lokasinya paling jauh dari ibukota Kabupaten Kepulauan Selayar. Sebelum ada arsinum, warga Desa Karumpa mengambil air tawar di pulau sebelah. Hal ini membuat masyarakat begitu kesulitan dalam memenuhi kebutuhan air sehari-hari.

"Sekarang sudah disiapkan teknologi arsinum dari pemerintah, tentu kami sangat terbantu. Tidak perlu jauh lagi ambil air bersih. Sekarang lebih dekat dan lebih murah,” ungkapnya.

Sementara diketahui, Pemprov Sulsel telah merealisasikan 10 unit arsinum pada 2022 lalu. Tahun ini rencananya akan dibangun lagi sebanyak 11 unit.

Empat unit diantaranya dianggarkan untuk dibangun di Kabupaten Kepulauan Selayar, yakni di Pulau Bahuluang, Pulau Karumpa, Pulau Latondu, dan Pulau Tarupa. Dua unit akan dibangun di Kabupaten Pangkep, yakni di Pulau Salemo dan Pulau Saugi.

Sedangkan sisanya telah dianggarkan untuk dibangun di Pulau Kambuno Kabupaten Sinjai, Kawasan Pesisir Desa Bonto Jai Kabupaten Bantaeng, Kawasan Pesisir Lingkungan Gusunge Kabupaten Bulukumba, Kawasan Pesisir Kabupaten Maros, dan Kawasan Pesisir Langnga Kabupaten Pinrang.

Dalam menghadirkan arsinum, Pemprov Sulsel bekerjasama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Teknologi arsinum merupakan produk inovasi yang telah teruji dengan menggunakan serangkaian teknologi proses dan telah memenuhi standar air minum yang aman berdasarkan hasil uji laboratorium.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper