Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sulsel Akan Bangun 11 Instalasi Air Siap Minum, Ini Lokasinya

Rencananya PSU Arsinum akan disebar di tujuh kabupaten pada tahun ini.
PSU Arsinum yang berada di Pulau Samalona Kota Makassar./Pemprov Sulsel
PSU Arsinum yang berada di Pulau Samalona Kota Makassar./Pemprov Sulsel

Bisnis.com, MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) akan membangun prasarana, sarana serta utilitas (PSU) air siap minum (Arsinum) lagi di wilayahnya pada tahun ini. Rencananya akan dibangun 11 unit yang tersebar di tujuh kabupaten.

Adapun lokasinya antara lain empat unit di Kabupaten Kepulauan Selayar, yaitu di Pulau Bahuluang, Desa Khusus Bahuluang, Kec. Bontosikuyu; Pulau Karumpa, Desa Karumpa, Kec. Pasilambena; Pulau Latondu, Desa Latondu, Kec.Takabonerate; dan Pulau Tarupa, Desa Tarupa, Kec. Takabonerate.

Sementara ada dua unit yang rencananya akan dibangun di Kabupaten Pangkep antara yaitu di Pulau Salemo, Desa Mattiro Bombang, Kec. Tuppabiring Utara; dan Pulau Saugi, Desa Mattirobaji, Kec. Tuppabiring Utara.

Lima Arsinum lainnya akan dibangun di Dusun Pulau Kambuno, Desa Pulau Harapan, Kec. Pulau Sembilan, Kab. Sinjai; Kawasan Pesisir Desa Bonto Jai, Kec. Bisappu, Kab. Bantaeng; Kawasan Pesisir Lingkungan Gusunge, Kel. Kalumeme, Kec. Ujungbulu, Kab. Bulukumba; Kawasan Pesisir di Dusun Kuri Caddi, Desa Nisombalia, Kec. Marusu, Kab. Maros; dan Kawasan Pesisir Kel. Langnga, Kec. Mattiro Sompe, Kab. Pinrang.

Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menuturkan, Arsinum ini menjadi salah satu program prioritas yang sengaja dibangun di wilayah kepulauan, pesisir, serta daerah rawan air minum layak dan aman. Dia berharap masyarakat yang berada di wilayah tersebut bisa senantiasa mendapatkan air minum yang layak konsumsi dengan mudah

"Kita berharap dengan adanya arsinum ini akan bermanfaat untuk masyarakat kita di kepulauan maupun di pesisir, sehingga masyarakat dapat menikmati air minum layak dan aman," ungkapnya di Makassar, Senin (30/1/2023).

Diketahui pada 2022 lalu, Pemprov Sulsel telah merealisasikan pembangunan 10 unit PSU Arsinum yang tersebar di 10 titik yang ada di delapan kabupaten.

Antara lain dua unit di Pulau Kanalo Kabupaten Sinjai, Pulau Liukang Loe di Kabupaten Bulukumba, Pulau Libukang di Kabupaten Jeneponto, Pesisir Desa Mattirotasi di Kabupaten Pinrang, Pulau Salebbo Mattirowalie dan Pulau Podang-Podang di Kabupaten Pangkep, Desa Bonto Borusu dan Desa Menara Indah di Kabupaten Selayar, Pulau Pannikiang di Kabupaten Barru dan Desa Patongloan di Kabupaten Enrekang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler