Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Makassar Siapkan 3.000 Beasiswa untuk Anak Lorong

Sebanyak 2.000 beasiswa akan disediakan oleh pemerintah kota, sedangkan 1.000 beasiswa oleh Baznas.
Anak Sekolah./JIBI
Anak Sekolah./JIBI

Bisnis.com, MAKASSAR - Pemerintah Kota Makassar bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) tengah menyiapkan beasiswa untuk 3.000 anak guna mendukung upaya pengentasan kemiskinan ekstrem di Kota Makassar. Para penerima yang disasar adalah anak-anak yang bertempat tinggal di lorong-lorong kota.

Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi merinci, 2.000 beasiswa akan disediakan oleh pihak pemerintah kota, sedangkan 1.000 beasiswa lainnya disediakan oleh Baznas Kota Makassar.

Dia mengungkapkan jika pengentasan kemiskinan di kota ini perlu adanya kolaborasi dari berbagai pihak, terutama dari Baznas. Karena kemiskinan di Makassar saat ini bukan hanya sebatas kondisi rumah masyarakat, namun lebih dari itu juga berdasar dari kondisi kesehatan, bahkan dari pendidikan anak-anak.

"Permasalahan kemiskinan harus ditangani secara serius, koordinasi dan kolaborasi seluruh OPD, butuh kerja bersama. Karena pengentasan kemiskinan mencakup banyak aspek, bukan hanya sebatas kondisi perumahan, kondisi kesehatan, bahkan hingga taraf pendidikan anak-anak," tutur Fatmawati usai rapat koordinasi bahas tuntas terkait pengentasan kemiskinan ekstrem di Kota Makassar, Senin (12/06/2023).

Sementara Plt Kepala Dinas Sosial Kota Makassar Armin Paera mengatakan, selain menyediakan beasiswa bagi anak lorong, pihaknya juga akan fokus pada penanganan anak jalanan (anjal), gelandangan dan pengemis (gepeng) yang masih kerap dijumpai di beberapa titik di Kota Makassar.

Bahkan pihaknya tak segan akan memberikan sanksi tegas jika terindikasi ada unsur eksploitasi anak yang dilakukan oleh beberapa oknum.

"Akan dilakukan patroli, pembinaan, hingga pemulangan jika ditemukan yang bukan warga Makassar. Sanksi tegas pun akan diberlakukan jika terbukti dan ditemukan adanya eksploitasi anak yang dilakukan oleh oknum tertentu," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler