Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Penumpang Pelabuhan Makassar 79.256 Orang saat Nataru, Naik Dua Kali Lipat

Total penumpang Pelabuhan Makassar pada Nataru sebelumnya tercatat hanya 37.763 orang.
Nugroho Nafika Kassa
Nugroho Nafika Kassa - Bisnis.com 09 Januari 2023  |  20:56 WIB
Penumpang Pelabuhan Makassar 79.256 Orang saat Nataru, Naik Dua Kali Lipat
Penumpang berjalan menuju kapal di Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (21/12/2022). - Bisnis/Paulus Tandi Bone
Bagikan

Bisnis.com, MAKASSAR — Total penumpang naik dan turun di Pelabuhan Makassar selama periode libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) 79.256 orang, meningkat dua kali lipat lebih dibanding tahun sebelumnya yang hanya 37.763 orang.

General Manager (GM) Pelindo Regional 4 Makassar Suhadi Hamid mengatakan pada momen Nataru kali ini pihaknya sudah melakukan berbagai upaya dan persiapan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang di Pelabuhan Makassar. Di antaranya membangun ruang tunggu sementara yang sifatnya nonpermanen bagi calon penumpang dan penumpang lanjutan.

"Ruang tunggu ini luasnya sekitar 270 meter persegi serta memiliki kapasitas daya tampung kurang lebih sebanyak 200 orang, supaya penumpang dapat beristirahat dengan nyaman," ungkapnya di Makassar, Senin (9/1/2022).

Selain itu, pihaknya juga senantiasa mengantisipasi barang bagasi penumpang, bekerja sama dengan PT Pelni untuk menyiapkan area konsolidasi agar pengelolaan barang menjadi lebih tertib.

Sementara Kementerian Perhubungan secara resmi telah menutup Posko Penyelenggaraan Angkutan Nataru di Pelabuhan Makassar pada Senin ini.

Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan (OP) Utama Makassar Hernadi Tri Cahyanto berharap ke depan penyelenggaraan angkutan laut pada masa Nataru akan lebih baik lagi. Oleh sebab itu diperlukan sinkronisasi yang lebih baik dan lebih bisa dikendalikan antara pelaksana, baik dalam pengambilan kebijakan maupun dalam pelaksanaan di lapangan.

“Penyelenggaraan angkutan laut Nataru kali ini juga bisa menjadi persiapan untuk menghadapi angkutan lebaran yang kurang dari empat bulan lagi akan kita laksanakan. Apalagi minat masyarakat untuk menggunakan moda transportasi laut tentu akan lebih tinggi lagi,” kata Hernadi.

Dia menambahkan, pihaknya juga akan melakukan pembenahan Angkatan Laut 2023 supaya bisa berjalan lebih baik, misal dengan menghadirkan posko yang dikhususkan dalam menyambut perayaan besar.

"Saya minta masing-masing kepala kantor unit pelaksana teknis untuk segera melakukan penyempurnaan analisis dan evaluasi sekaligus mencari upaya dan terobosan baru guna meningkatkan pelayanan angkutan laut Lebaran maupun Nataru tahun ini,” pintanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makassar transportasi transportasi laut
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top