Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

BNPB Bantu Sulsel Rp500 Juta, Makassar Rp350 Juta untuk Atasi Bencana

Alokasinya untuk dukungan logistik kegiatan penanganan darurat bencana hidrometeorologi senilai Rp100 juta dan dukungan operasional senilai Rp250 juta.
Nugroho Nafika Kassa
Nugroho Nafika Kassa - Bisnis.com 09 Januari 2023  |  18:49 WIB
BNPB Bantu Sulsel Rp500 Juta, Makassar Rp350 Juta untuk Atasi Bencana
Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto menyerahkan secara simbolis bantuan Dana Siap Pakai (DSP) senilai Rp350 juta kepada Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto untuk menangani dampak bencana hidrometeorologi. - Pemkot Makassar
Bagikan

Bisnis.com, MAKASSAR — Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) mendapat bantuan Dana Siap Pakai (DSP) sebesar Rp500 juta dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk penanganan darurat bencana hidrometeorologi pada 2023 ini.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel Amson Padolo mengatakan selain ke Pemprov Sulsel, BNPB juga menyerahkan DSP ke 19 kabupaten/kota. Di antaranya penerimanya, Makassar, Parepare, Gowa, Maros, Enrekang, Soppeng, Sidrap, Bone, Takalar, Sinjai, Wajo, Barru, Pangkep, Bulukumba, Pinrang, Selayar, jeneponto, Luwu Utara dan Bantaeng.

Masing-masing pemerintah kabupaten/kota mendapatkan dana tersebut untuk dukungan operasional sebesar Rp250 juta, dana bantuan logistik Rp100 juta. Serta ada juga bantuan 1.000 Selimut dan 1.000 matras.

"Bantuan ini untuk dukungan operasional selama tanggap darurat, bantuan logistik dan bantuan seperti selimut dan matras," kata Amson di Makassar, Senin (9/1/2023).

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto mengatakan sepanjang 2022 ada sebanyak 3.531 bencana terjadi di Indonesia. Angka tersebut turun jika dibandingkan pada tahun 2021. Namun, untuk korban dan kerusakannya yang ditimbulkan tercatat meningkat.

“Pada 2022 yang menonjol itu hidrometereologi basah seperti banjir, tanah longsor dan cuaca ekstrem,” sebutnya.

Demi mengantisipasi potensi bahaya hidrometereologi basah di daerah rawan bencana, dikatakannya perlu kerja sama dan kordinasi yang baik antar pihak.

Makassar Rp300 Juta

Pemerintah Kota Makassar menerima bantuan dana siap pakai (DSP) senilai Rp350 juta dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk menangani dampak bencana hidrometeorologi di wilayah ini.

Rincian penggunaan dana tersebut antara lain untuk dukungan logistik kegiatan penanganan darurat bencana hidrometeorologi 2023 senilai Rp100 juta dan untuk dukungan operasional kegiatan penanganan darurat bencana hidrometeorologi senilai Rp250 juta. Selain DSP, Kota Makassar juga menerima 1.000 lembar matras dan 1.000 lembar selimut.

Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto mengatakan dana tersebut bakal digunakan untuk keperluan penanganan bencana salah satunya pemenuhan logistik yang dibutuhkan para korban bencana.

Sepanjang 2022 tercatat sebanyak 122 bencana hidrometereologi basah di Kota Makassar yang meliputi banjir, angin puting beliung, dan tanah longsor. Oleh karena itu, bantuan ini dirasa sangat tepat untuk meringankan beban masyarakat terhadap dampak bencana.

"Terima kasih atas bantuan yang diberikan. Bencana memang tidak bisa prediksi secara tepat, tapi kita perlu siap siaga. Apalagi akhir tahun kemarin dua kecamatan kami terendam banjir," ujar Danny Pomanto sapaan akrab Wali Kota Makassar, Senin (9/1/2023).

Sementara Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto mengatakan sepanjang 2022 ada sebanyak 3.531 bencana terjadi di Indonesia. Angka tersebut turun jika dibandingkan pada tahun 2021. Namun, untuk korban dan kerusakannya yang ditimbulkan tercatat meningkat.

“Pada 2022 yang menonjol itu hidrometereologi basah seperti banjir, tanah longsor dan cuaca ekstrem,” ungkapnya di Makassar.

Demi mengantisipasi potensi bahaya hidrometereologi basah di daerah rawan bencana, dikatakannya perlu kerja sama dan kordinasi yang baik antar pihak.

“Kami siap membantu dan mendampingi, saya harap DSP yang kami berikan dapat digunakan dengan baik dan tepat sasaran. Penggunaannya pun untuk pemenuhan tanggap cepat bencana yang terjadi,” harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sulsel makassar bnpb
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top