Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Makassar Akan Bangun Pedestrian Layang dan Sirkuit

BPN Makassar menyerahkan empat sertifikat tanah untuk Pantai Losari dan lima sertifikat untuk Untia.
Nugroho Nafika Kassa
Nugroho Nafika Kassa - Bisnis.com 20 Oktober 2022  |  06:14 WIB
Makassar Akan Bangun Pedestrian Layang dan Sirkuit
Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto (kiri) menerima penyerahan sertifikat tanah dari Kepala BPN Kota Makassar Marliana (kanan) di Balaikota Makassar, Rabu (19/10/2022). - Pemkot Makassar.
Bagikan

Bisnis.com, MAKASSAR - Pemerintah Kota Makassar menerima penyerahan sembilan sertifikat tanah untuk Pantai Losari dan area di sekitar Kelurahan Untia. Sertifikat ini akan digunakan sebagai dasar melanjutkan rencana pembangunan pedestrian layang Losari atau Jappa Rate dan Sirkuit Macca Untia.

Penyerahan dilakukan oleh Kepala BPN Kota Makassar Marliana kepada Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto, di Balai Kota Makassar, Rabu (19/10/2022). Adapun bukti legalitas yang diserahkan terdiri dari empat sertifikat untuk Pantai Losari dan lima sertifikat untuk Untia.

“Total semua sembilan. Ini skala prioritas untuk mempercepat program strategis pemerintah kota yaitu Jappa Rate untuk Losari dan Sirkuit Macca di Untia,” ucap Danny Pomanto sapaan Wali Kota Makassar.

Pemkot Makassar sendiri sebelumnya  telah menyediakan anggaran Rp40 miliar untuk revitalisasi Pantai Losari. Salah satu pembangunan fisik yang akan dilakukan yakni Jappa Rate alias jalur pedestrian layang.

Jalur pedestrian layang ini akan dibangun mulai dari Benteng Rotterdam hingga ke Mall Phinisi Point. Desainnya akan sama seperti jembatan penyeberangan.

"Dikonsep dengan bagus dan canggih. Nantinya, masyarakat bisa menikmati jalur pedestrian tersebut untuk bersepeda, lari, bahkan rekreasi," tuturnya.

Jalur pedestrian melayang itu rencananya akan dibangun sekira 3,5 kilometer (km), lebar 6 meter, tinggi hingga 4,1 meter.

Sementara pembangunan Sirkuit Macca dinilai penting dilakukan mengingat banyaknya aksi balap liar di jalanan Kota Makassar. Sehingga kehadiran sirkuit ini diharapkan bisa lebih menyalurkan kreativitas dan bakat masyarakat Makassar di bidang otomotif.

Sementara Kepala Dinas Pertanahan Kota Makassar Ahmad Namsum menambahkan sepanjang 2022 sudah ada sebanyak 16 sertifikat yang telah diserahkan BPN kepada Pemerintah Kota Makassar. Setelah ini pihaknya berencana akan menyertifikat 20 aset lagi dalam waktu dekat.

“Dari 16 sertifikat yang terbit, satu sertifikat itu di SD Kera-Kera Makassar, enam sertifikat pas HUT Kota Makassar, sekarang tambah sembilan sertifikat. Selanjutnya akan menyusul 20 sertifikat aset Pemkot yang akan diserahkan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makassar losari sulsel
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top