Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pekerja Migran Berkemampuan Khusus Asal Sulteng Mulai Kantongi Kontrak

Empat peserta SSW telah memiliki kontrak dan sudah memiliki jadwal keberangkatan yang telah memiliki dokumen izin untuk bekerja di perusahaan otomotif, elektronik dan pengolahan batu di Jepang.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 18 Januari 2022  |  13:45 WIB
Lokasi karantina Pekerja Migran Indonesia (PMI). - Antara
Lokasi karantina Pekerja Migran Indonesia (PMI). - Antara

Bisnis.com, PALU - Calon pekerja migran Indonesia (PMI) asal Kota Palu, Sulawesi Tengah mulai dikontrak sejumlah perusahaan asing untuk bekerja di negara tujuan lewat program specified skilled workers (SSW) ke Jepang.

Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Tenaga Kerja Kota Palu Setyo Susanto di Palu Selasa (18/1/2022) mengatakan, saat ini peserta SSW sedang melakukan pematangan pelatihan di Jakarta tentang penguasaan bahasa serta budaya kerja negara tujuan.

"Saat ini sekitar empat orang calon tenaga kerja telah memiliki kontrak, dan sembilan orang lainnya telah selesai wawancara dengan perusahaan pemakai," kata Setyo.

Ia menjelaskan, empat peserta SSW telah memiliki kontrak dan sudah memiliki jadwal keberangkatan yang telah memiliki dokumen izin untuk bekerja di perusahaan otomotif, elektronik dan pengolahan batu di Jepang.

Lalu, selanjutnya sembilan orang yang telah melalui tahap wawancara melalui daring, tinggal menunggu kontrak dari perusahaan pemakai dengan harapan calon tenaga kerja tersebut mampu bekerja profesional.

"Pengurus dokumen izin calon tenaga kerja di fasilitasi oleh Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), sehingga dipastikan prosesnya tidak memakan waktu," ucap Setyo.

Peluang dan kesempatan kerja di luar negeri cukup terbuka, sehingga untuk mengisi kesempatan itu, tentu harus ditunjang dengan kompetensi hingga sertifikasi sebagai salah satu syarat perekrutan bagi perusahaan asing di luar negeri.

Oleh karena itu, dalam pemantapan pelatihan lanjutan, peserta SSW diharapkan mampu beradaptasi dengan budaya dunia kerja.

Tahapan pelatihan ini, lebih condong pada simulasi serta penguatan kebiasaan kultur suatu negara yang menjadi tujuan kerja, agar supaya tenaga kerja formal cepat beradaptasi.

Ia memaparkan, kurang lebih 135 orang peserta SSW asal Palu sedang mengikuti pelatihan lanjutan di Jakarta sekaligus proses wawancara langsung dengan perusahaan pemakai sesuai bidang kerja, dengan harapan pada Maret mendatang tahapan ini selesai.

"Tentunya harapan kami peserta SSW ini bisa terserap oleh perusahaan asing. Bekerja di perusahaan asing harus ditunjang dengan kedisiplinan dan punya etis kerja yang baik.

Pada tahapan pelatihan lanjutan ini sudah puluhan peserta ikut tes wawancara langsung dengan perusahaan," demikian Setyo.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sulteng palu pekerja migran

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top