Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Swab Test Massal di Makassar Sasar Sopir Angkot

Pelaksaan swab test massal untuk para sopir angkot ini dinilai penting, sebab mobilitas sopir angkot dianggap rentan terhadap penularan virus Corona.
Andini Ristyaningrum
Andini Ristyaningrum - Bisnis.com 16 November 2020  |  16:25 WIB
Warga menjalani tes usap (swab test) di Kecamatan Rappocini, Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (23/10/2020). - Antara/Arnas Padda.
Warga menjalani tes usap (swab test) di Kecamatan Rappocini, Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (23/10/2020). - Antara/Arnas Padda.

Bisnis.com, MAKASSAR - Pemerintah Kota Makassar berencana menggelar swab test massal dan menyasar para sopir pete-pete atau angkot di Makassar.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Makassar Agus Djaja Said menjelaskan pelaksanaan swab test pada sopir angkot akan dilakukan bersama Dinas Perhubungan. Di mana terlebih dulu akan dilakukan pendataan bagi para sopir angkot.

"Rencananya di tahap awal akan kita arahkan di Terminal Mallengkeri dulu. Kita masih akan koordinasikan dengan Dinas Perhubungan Makassar," ungkap Agus, Senin (16/11/2020).

Pelaksaan swab test massal untuk para sopir angkot ini dinilai penting, sebab mobilitas sopir angkot dianggap rentan terhadap penularan virus Corona. Setiap harinya para sopir angkot dituntut untuk berinteraksi dengan banyak orang yang berbeda-beda.

Secara khusus Pemkot Makassar memang belum pernah mengadakan swab test kepada sopir angkot. Sebelumnya, swab test massal baru dilakukan untuk para pedagang di sejumlah pasar tradisional di Makassar.

"Ini juga merupakan upaya untuk menggencarkan program Trisula milik Pemprov Sulsel tracking contact, testing, dan edukasi kepada masyarakat," kata Agus.

Selanjutnya, jika ditemukan hasil positif Covid-19 pemeriksaan swab test, maka sopir angkot bersangkutan akan diarahkan untuk melakukan isolasi. Agus menyebut, pihaknya sudah menyiapkan rumah sakit rujukan untuk menerima jika terdapat adanya kasus baru pada sopir angkot.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Perhubungan Makassar Mario Said menyatakan pihaknya juga sudah menindaklanjuti rencana swab test bagi sopir angkot kepada pihak Organda. Persiapan mulai dilakukan termasuk melakukan pendataan sopir angkot.

"Kami tinggal tunggu tanggal fiks pelaksanaan swab test ini. Di sini kami hanya membantu pendataan. Untuk teknis dan pelaksanaannya semua disiapkan oleh Dinas Kesehatan," ungkap Mario.

Di sisi lain, sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19, Satgas Covid-19 Kota Makassar juga secara rutin melakukan pembagian masker. Utamanya sejumlah titik keramaian, di antaranya Pantai Losari, kawasan kuliner Lego-lego CPI, kawasan kuliner Kanrerong, terminal, dan 10 pasar tradisional. (k36)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makassar sulsel
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top