Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PLN Selesaikan Pembangunan Jaringan Transmisi Topoyo-Pasangkayu Sulbar

PLN rampungkan pemberian tegangan perdana jaringan Transmission Line 150 kV Topoyo – Pasangkayu.
Petugas PLN melakukan pemeriksaan listrik. Istimewa/PLN
Petugas PLN melakukan pemeriksaan listrik. Istimewa/PLN

Bisnis.com, JAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah menyelesaikan pembangunan jaringan transmisi 150 kilo Volt (kV) Topoyo – Pasangkayu yang terbentang dari Gardu Induk (GI) di Kabupaten Pasangkayu sampai GI Topoyo di Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat.

Pemberian tegangan perdana telah berhasil dilaksanakan terhadap gardu induk 150 kV Topoyo dengan kapasitas trafo 30 Mega Volt Ampere (MVA) serta jaringan transmisi yang memiliki panjang 252,77 kilometer sirkuit (kms) dengan total menara (tower) sebanyak 376 menara.

Pemberian tegangan perdana pada pekerjaan Jaringan Transmission Line 150 kV Topoyo – Pasangkayu telah dilaksanakan pada Sabtu (3/10/2020) pukul 11.09 WITA.

"Transmisi ini akan meningkatkan keandalan kelistrikan di Provinsi Sulawesi Barat sebagai Provinsi penyangga ibu kota baru," tulis General Manager PLN Unit Induk Sulawesi Bagian Selatan (UIP Sulbagsel), I Putu Riasa, dalam keterangan resmi, Sabtu (3/10/2020).

Dengan beroperasinya trafo 30 MVA pada Gardu Induk 150kV Topoyo dapat mengaliri lebih dari 18.462 pelanggan baru. Kehadiran Gardu Induk ini juga diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi provinsi Sulawesi Barat.

Selain itu, Riasa juga memohon dukungan, doa dan restu untuk pembangunan transmisi line 150 kV Mamuju – Topoyo yang merupakan tahap kedua dari pekerjaan interkoneksi Sulawesi Barat – Sulawesi Tengah.

Saat ini progres pekerjaan jalur transmisi 150kV Mamuju – Topoyo telah mencapai 90 persen. Harapannya, pekerjaan ini dapat selesai pada akhir 2020.

“Semoga target yang kami tetapkan dapat tercapai tanpa ada tantangan tambahaan baik teknis dan sosial,” tutup Riasa.

Selain merupakan salah satu prioritas PLN, pembangunan Interkoneksi Sulbar - Sulteng juga termasuk dalam Proyek Strategis Nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler