Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mendorong Digitalisasi UMKM di Sulsel

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Sulawesi Selatan didorong untuk melakukan transformasi digital secara cepat sebagai inovasi untuk membangkitkan kembali perekonomian seiring dengan lesunya daya beli akibat pandemi.
Andini Ristyaningrum
Andini Ristyaningrum - Bisnis.com 02 Juli 2020  |  10:51 WIB
UMKM di Kelurahan Pattingalloang, Kecamatan Ujung Tana Makassar, Sulawesi Selatan
UMKM di Kelurahan Pattingalloang, Kecamatan Ujung Tana Makassar, Sulawesi Selatan

Bisnis.com, MAKASSAR - Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Sulawesi Selatan didorong untuk melakukan transformasi digital secara cepat sebagai inovasi untuk membangkitkan kembali perekonomian seiring dengan lesunya daya beli akibat pandemi.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah Sulsel Abdul Malik Faisal mengatakan bahwa transformasi digital itu sangat diperlukan utamanya dalam masa pandemi seperti sekarang ini, karena mampu meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

Menurut Malik, pihaknya rutin memberikan pelatihan pemanfaatan teknologi komunikasi kepada pelaku UMKM setiap 2 kali seminggu secara daring.

"Pelatihan UMKM tetap jalan. Kami melakukan pelatihan ini dengan mempersiapkan UKM yang bisa berlari kencang untuk kebangkitan usahanya setelah pandemik ini berakhir. Pelatihan difasilitasi pendamping KUMKM Provinsi Sulsel," katanya, Rabu (2/6/2020).

Tidak hanya pelatihan, lanjut dia, program lain juga tetap jalan bagi pelaku UMKM, seperti menyiapkan akses pemasaran produk UKM dan UMKM melalui media sosial. Dari cara-cara seperti ini, kata dia, omzet mereka bisa mencapai Rp20 juta sampai Rp25 juta sehari.

Malik optimistis, perekonomian berpeluang tumbuh positif melalui peningkatan daya saing UMKM salah satunya dengan mempercepat adaptasi digital.

"Perlu skema-skema khusus untuk mendukung para pelaku UMKM agar tetap dapat bertahan menghadapi situasi pandemi yang sulit ini," imbuhnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makassar sulsel
Editor : Amri Nur Rahmat
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top