Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sulut Bakal Tambah Satu Laboratorium PCR

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) akan menambah lagi laboratorium real time Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk meningkatkan kapasitas pemeriksaan Covid-19 di Sulut.
Ilustrasi./Xinhua-Li Jianan
Ilustrasi./Xinhua-Li Jianan

Bisnis.com, MANADO — Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) akan menambah lagi laboratorium real time Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk meningkatkan kapasitas pemeriksaan Covid-19 di Sulut.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulut Steaven Dandel mengatakan bahwa Pemprov Sulut akan bekerja sama dengan Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) untuk membuka laboratorium tersebut.

"Sementara dikerjakan laboratorium PCR di Universitas Sam Ratulangi. Bangunannya sementara dibenahi. Alat-alatnya sudah ada tinggal dilengkapi beberapa komponen," ujar Steaven, Selasa (9/6/2020) malam.

Bila pembukaan laboratorium PCR tersebut terealisasi, maka Sulut akan memiliki empat laboratorium PCR. Saat ini, ada tiga laboratorium PCR yang beroperasi di Sulut, antara lain di Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas I Manado, Balai POM Manado, dan RSUP Prof Kandou.

Meski demikian, kapasitas pemeriksaan ketiga laboratorium tersebut belum mampu mengakomodasi banyaknya sampel swab terkait Covid-19 yang masuk setiap harinya.

Steaven mengakui adanya perpanjangan waktu tunggu hasil pemeriksaan swab karena kapasitas laboratorium yang terbatas. Dia menuturkan bahwa saat ini ada sekitar 2.792 sampel swab yang masih menunggu untuk diperiksa.

"Tadi kami dapat laporan hasil 250 sampel, sementara sampel yang terkirim kemarin 360-an sampel. Bisa dibandingkan 360 sampel yang masuk, sedangkan yang keluar hasilnya hanya 250. Jadi tiap hari tertumpuk," katanya.

Untuk mengatasi persoalan tersebut, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulut sementara mengirimkan sebagian sampel yang masih menunggu antrean pemeriksaan ke laboratorium PCR di BTKLPP Makassar dan BBLK Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler