Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sulut Akan Alihkan Pasien Tanpa Gejala ke Rumah Sakit Darurat

Sebanyak 80 persen kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Sulut yang telah diumumkan merupakan kasus ringan atau tidak menunjukkan gejala.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 08 Juni 2020  |  21:15 WIB
Ilustrasi. - Antara/M. Risyal Hidayat
Ilustrasi. - Antara/M. Risyal Hidayat

Bisnis.Pcom, MANADO - Jumlah kasus positif di Sulawesi Utara (Sulut) telah menembus 509 kasus per Senin (8/6/2020). Dari jumlah tersebut yang masih menjalani perawatan di rumah sakit mencapai 338 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulut Steaven Dandel mengatakan bahwa untuk mengantisipasi keterbatasan kapasitas sumber daya dan fasilitas di rumah sakit rujukan Covid-19, pasien positif tanpa gejala akan dialihkan ke rumah sakit darurat Covid-19.

"Di juknis Kemenkes tidak semua pasien positif harus dirawat di rumah sakit, jadi nanti dipisahkan dari berat ringannya kasus. Kalau DKI Jakarta sekitar 3.000 kasus positif isolasi mandiri di rumah. Kalau kami pakai rumah sakit darurat Covid-19 untuk merawat pasien tanpa gejala. Tujuannya untuk dipantau sampai sembuh," ujar Steaven, Senin (8/6/2020).

"Peruntukan seperti itu agar kami bisa maksimalkan sumber daya di rumah sakit rujukan," kata Steaven menambahkan.

Menurutnya, sebanyak 80 persen kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Sulut yang telah diumumkan merupakan kasus ringan atau tidak menunjukkan gejala.

Adapun saat ini kapasitas tempat tidur ruang isolasi yang tersebar di rumah sakit rujukan dan penunjang Covid-19 di Sulut telah ditingkatkan menjadi 508 tempat tidur.

Untuk menekan tingkat okupansi tempat tidur ruang isolasi, Steaven berujar Gugus Tugas tengah berupaya mengefektifkan hari perawatan pasien positif dengan mempercepat hasil pemeriksaan Covid-19.

"Petunjuk teknis WHO itu setelah 10 hari tanpa melihat hasil laboratorium, bila pasien tidak ada gejala bisa keluar dari ruang isolasi. Saat ini, rata-rata yang dirawat di ruang isolasi sudah lebih dari 2 pekan karena keterlambatan hasil laboratorium," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sulut covid-19
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top