KTI Digifest Upaya BI Sulsel Dorong Implementasi QRIS

Bank Indonesia semakin gencar mendorong pembayaran melalui aplikasi elektronik secara inklusif. Salah satunya dengan meluncurkan Quick Response Indonesia Standard (QRIS).
Andini Ristyaningrum
Andini Ristyaningrum - Bisnis.com 09 Januari 2020  |  19:20 WIB
KTI Digifest Upaya BI Sulsel Dorong Implementasi QRIS
Pegawai Bank Indonesia (BI) menunjukkan bukti transaksi menggunakan peluncuran QR Code Indonesian Standard (QRIS) - ANTARA/Aprillio Akbar

Bisnis.com, MAKASSAR -- Bank Indonesia semakin gencar mendorong pembayaran melalui aplikasi elektronik secara inklusif. Salah satunya dengan meluncurkan Quick Response Indonesia Standard (QRIS). 

Sejak digaungkan mulai Agustus 2019 lalu, QRIS hadir sebagai jawaban akan pertumbuhan instrumen dan sarana pembayaran ritel elektronik di Indonesia yang kian pesat.

Sebagai pintu gerbang di Timur Indonesia, Sulawesi Selatan menjadi salah satu daerah yang dipilih untuk menggencarkan pengimplementasian QRIS.

Kepala BI Sulsel Bambang Kusmiarso mengatakan sebagai langkah transformasi dalam mendorong perekonomian daerah dan digitalisasi keuangan, BI Sulsel menginisiasi digelarnya Kawasan Timur Indonesia Digital Festival 2020 atau KTI Digifest 2020.

"Di mana pada event ini kita akan semakin memperkenalkan pada masyarakat bahwa QRIS akan menjadi kanal transaksi pembayaran digital yang sudah bisa diimplementasikan," ungkap Bambang, Kamis (9/1/2020).

Pelaksanaan KTI Digifest 2020 berkat adanya sonergitas antara BI bersama pemerintah daerah, perbankan, PJSP Non-Bank dan pelaku industri dengan visi yang sama yakni membangun masyarakat yang inklu6secara digital melalui pengembangan QRIS.

Event tersebut akan diramaikan denhan  berbagai item kegiatan, di mana seluruh transaksi pembayaran akan menggunakan QRIS. Sejumlah pelaku industri juga akan turut meramaikan bazar dan expo pada event yang akan digelar di Celebes Convention Center 11-12 Januari 2020 ini. 

"Kami akan menggadirkan lerwakilan UMKM binaan BI se-KTI, bisnis ritel, komunitas dan lainnya. Akan ada pula festival kopi dengan berbagai atraksi di dalamnya," jelas Bambang.

Festival kopi tersebut menyiapkan 1000 cangkir gratis kopi untuk seluruh masyarakat pecinta kopi yang hadir. Termasuk talkshow kopi dengan tema “Cita Kopi Rasa Nusantara” yang akan menginformasikan seputar kopi, khususnya perkembangan kopi di Indonesia, pengujian kopi, bisnis kopi, dan kopi-kopi asli Indonesia.

Lebih lanjut, Bambang menjelaskan selain untum mendorong implementasi QRIS, KTI Digifest digelar juga untuk menghubungkan banyak pihak melalui interkoneksi antar pelaku ekonomi. Termasuk interkoneksi antar instrumen keuangan dalam hal ini berupa tabungan, uang elektronik, kartu debet, dan kartu kredit.

"Hal tersebut tentu akan mendorong inklusi keuangan yang akan memberikan banyak manfaat dalam mendukung stabilitas makro dan sistem keuangan, efisiensi ekonomi, memperkuat pertumbuhan ekonomi, membatasi praktik shadow-banking, dan mendukung peningkatan indeks pembangunan manusia," terang Bambang.

Tak ketinggalan, event tersebut juga akan menghadirkan sejumlah band ibu kota seperti GIGI Band dan Pusakata, juga artis lokal asal Makassar di antaranya Kapal Udara, Joel Matulessy, dan Rizky De Keizer & The Strangers.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bank indonesia, sulsel

Editor : Rustam Agus
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top