Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Natal 2019, Penumpang Bandara Sam Ratulangi Tumbuh 5 Persen

Jumlah penumpang yang datang dan pergi melalui Bandar Udara Sam Ratulangi, Kota Manado, Sulawesi Utara, tumbuh 5% pada perayaan Natal 2019.
Bandara Sam Ratulangi. /bandarasamratulangi
Bandara Sam Ratulangi. /bandarasamratulangi

Bisnis.com, MANADO  - Jumlah penumpang yang datang dan pergi melalui Bandar Udara Sam Ratulangi, Kota Manado, Sulawesi Utara, tumbuh 5% pada perayaan Natal 2019.

Berdasarkan data yang diterima Bisnis, Jumat (27/12/2019), jumlah pesawat yang berangkat dan tiba melalui Bandar Udara (Bandara) Sam Ratulangi sebanyak 475 unit pada H-6 Natal 2019 hingga 25 Desember 2019. Jumlah itu lebih sedikit dari 476 periode yang sama tahun lalu.

Sementara itu, penurunan juga terjadi untuk jumlah kargo yang masuk ke Bandara Sam Ratulangi.

Tercatat, jumlah kargo sebanyak 364.651 unit pada H-6 Natal 2019 hingga 25 Desember 2019 atau lebih rendah dibandingkan dengan 369.167 unit periode yang sama tahun lalu.

Kendati demikian, terjadi pertumbuhan pada jumlah penumpang sebesar 5%. Jumlah penumpang yang datang dan berangkat melalui Bandara Sam Ratulangi naik dari 51.727 orang menjadi 54.105 orang.

Minggus E.T Gandeguai, General Manager Bandara Sam Ratulangi mengungkapkan jumlah penumpang mengalami pertumbuhan pada periode Natal 2019. Kondisi itu terjadi meski jumlah pesawat yang masuk dan berangkat tidak lebih banyak dari tahun lalu.

“Hal ini disebabkan adanya perubahan tipe pesawat,” ujarnya kepada Bisnis, Jumat (27/12/2019).

Minggus menyebut akan tetap melaksanakan standar operasional prosedur yang berlaku. Tujuannya, untuk memastikan kelancaran lalu lintas transportasi udara di Bandara Sam Ratulangi hingga perayaan Tahun Baru 2020.

Bandara Sam Ratulangi menyiapkan posko pelayanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 akan mulai dibuka pada 19 Desember 2019 hingga 6 Januari 2020.

Perseroan mengerahkan sebanyak 68 orang petugas internal yang berasal dari pegawai PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Sam Ratulangi.

Selain itu, Bandara Sam Ratulangi juga mendapatkan tambahan sumber daya manusia dari pihak eksternal seperti TNI, Polri, BMKG, dan Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Utara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper