Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemolekan Pesona Pulo Dua Luwuk Banggai

Pesona Pulo Dua Luwuk Banggai siap digelar dan akan dibuka oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Sejumlah atraksi menarik akan ditampilkan di Festival ini, diantaranya paragliding, tari kolosal ratusan penari, lomba underwater di taman laut Pulo Dua, expo kuliner, dan Fashion on The Beach.
Ilman A. Sudarwan
Ilman A. Sudarwan - Bisnis.com 24 Juli 2019  |  18:28 WIB
Pemandangan kawasan Pulau Dua di Kabupaten Banggai Sulawesi Tengah - banggaikab.go.id
Pemandangan kawasan Pulau Dua di Kabupaten Banggai Sulawesi Tengah - banggaikab.go.id

Bisnis.com MANADO – Pernahkah terbayangkan dalam benak Anda kemolekan destinasi pariwisata di Kabupaten Banggai Sulawesi Tengah? Salah satu yang memikat perhatian adalah Pulau Dua yang berlokasi di Kecamatan Balantak.

Lokasi pulau ini cukup dekat dengan Luwuk sebagai jantung Kabupaten Banggai yakni hanya sekitar 150 kilometer saja. Tak hanya pantai pasir putihnya. Kawasan perairan Pulau Dua juga memiliki daya tarik untuk penghobi selam.

Untuk Anda, pelancong asal Jakarta, kini juga telah tersedia penerbangan langsung Jakarta-Luwuk yang dilayani oleh maskapai Batik Air sejak Mei 2019.

Pada tahun ini, tak ada salahnya untuk mengunjungi Pulau Dua. Pasalnya, Pesona Pulo Dua masuk dalam 100 Calendar of Events Wonderful Indonesia.

Rencananya, Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Susi Pudjiastuti akan membuka gelaran Pesona Luwuk Banggai pada Kamis (25/7/2019) besok.

Bupati Kabupaten Banggai Herwin Yatim mengatakan, acara ini terselenggera berkat kerja sama berbagai pihak, baik dari pemerintah pusat hingga pihak swasta. Salah satunya kepedulian Menteri Pariwisata Arief Yahya yang membuat artis Ibu Kota turut hadir.

Selain itu, dia juga berterima kasih atas kepedulian Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti yang akan membuka acara besok. Bahkan, imbuhnya, Susi akan berada di sana selama 4 hari untuk menikmati festival itu.

Dari pihak swasta, menurutnya maskapai Batik Air turut berkontribusi positif terhadap acara ini. Dari sisi promosi, para pramugari Batik Air dalam rute penerbangan antara Jakarta, Luwuk, dan Makassar akan menggunakan kain nimbo tradisional Kabupaten Banggai.

Kerja sama antarlembaga itu berhasil mendatangkan wisatawan dalam jumlah signifikan untuk menyambut acara ini. Dia mengatakan bahwa para pelaku industri perhotelan mengatakan bahwa okupansi hotel mereka naik menjelang gelaran itu.

“Ada tiga hotel berbintang di Kota Luwuk, yakni Hotel Swisbell, Hotel Santika dan Hotel Estrella, mereka melaporkan, okupansi mereka mencapai 80% jelang dan sesudah festival. Hal yang sama dialami sembilan hotel budget,” katanya dikutip dari siaran pers, Rabu (24/7/2019).

Pembukaan festival itu akan dilakukan di tepi Teluk Lalong, Luwuk. Pembukaan akan dimulai jam 19.30 WITA. Pada hari selanjutnya, acara dilanjutkan di Pulo Dua Kec Balantak Utara. Acara akan berlangsung hingga Minggu (28/7/2019).

Sejumlah atraksi menarik akan ditampilkan di Festival ini, diantaranya paragliding, tari kolosal ratusan penari, lomba underwater di taman laut Pulo Dua, expo kuliner, Fashion on The Beach, Grand Final Tatu Udu Banggai 2019 hingga penampilan dari pesohor Ibu Kota.

"Nah, untuk torang [kita] semua yang penasaran tentang Kab Luwuk Banggai mari berwisata dan hadiri Festival Pulo Dua," kata Dino Gobel, Ketua Banggai Tourism Board dikutip dari siaran pers, Rabu (24/7/2019).

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pariwisata sulteng
Editor : Lukas Hendra TM
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top