Kanwil DJP Suluttenggomalut Bentuk Generasi Emas Sadar Pajak

Oleh: Deandra Syarizka 09 November 2018 | 17:15 WIB
Kanwil DJP Suluttenggomalut Bentuk Generasi Emas Sadar Pajak
Suasana sosialisasi "Pajak Bertutur" di Universitas Sam Ratulangi, Jumat (09/11)

Bisnis.com, MANADO—Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara (Suluttenggomalut) melakukan edukasi mengenai pentingnya perpajakan kepada ratusan mahasiswa ekonomi Universitas Sam Ratulangi.

Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat Kanwil DJP Suluttenggomalut F.N. Rumondor mengatakan, melalui program Pajak Bertutur, pihaknya memberikan pengenalan mengenai perpajakan sedini mungkin kepada mahasiswa. Dengan demikian, diharapkan saat bonus demografi  pada 2045 mendatang, tingkat kepatuhan para pembayar pajak meningkat.

“Ujung-ujungnya kita berharap 2045 menjadi masa keemasan Indonesia, di mana pada saat itu kita semua sudah benar-benar akrab dengan pajak dan kontribusinya sudah bagus bagi negara,” ujarnya di sela-sela pelaksanaan Pajak Bertutur, Jumat (09/11).

Dia menambahkan, program Pajak Bertutur ini dilakukan serenctak secara nasional oleh kanwil DJP di tiap-tiap daerah. Tak hanya dilakukan di universitas, sosialisasi ini juga dilakukan di sekolah-sekolah mulai dari SD, SMP, hingga SMA.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerja Sama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsrat Julie J. Sondakh berharap, program yang diadakan setiap tahun ini bertujuan membentuk generasi emas sadar pajak dalam jangka panjang. Semakin besar tingkat kepatuhan masyarakat untuk membayar pajak, ujarnya, maka semakin besar penerimaan negara yang didapatkan.

“Diharapkan di 2045 itu benar-benar generasi emas yang sudah sadar pajak. Pajak ini penting dan harus kita bayar karena nanti akan kembali lagi ke kita dalam bentuk fasilitas,” jelasnya.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya