Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pilgub Sulsel 2024, Danny-Azhar Nomor Urut 1, Sudirman-Fatma Nomor Urut 2

KPU menetapkan nomor urut masing-masing pasangan calon gubernur Sulsel.
Pengundian nomor urut untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulsel di Hotel Claro Makassar, Senin (23/9/2024)./Ist
Pengundian nomor urut untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulsel di Hotel Claro Makassar, Senin (23/9/2024)./Ist

Bisnis.com, MAKASSAR - Nomor urut pasangan untuk kontestasi pemilihan gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) resmi diundi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel di Hotel Claro Kota Makassar pada Senin (23/9/2024). 

Hasilnya pasangan Mohammad Ramdhan Pomanto-Azhar Arsyad (Danny-Azhar) mendapatkan nomor urut 1 dan pasangan Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi (Sudirman-Fatma) memperoleh nomor urut 2.

Mekanisme pengundian dimulai dari pengambilan nomor antrean oleh masing-masing calon. Pasangan Danny - Azhar mendapatkan nomor antrean 2 sedangkan Sudirman - Fatma mendapatkan nomor antrean 7. 

Maka dari itu pasangan Danny - Azhar pun dipersilahkan mencabut undian nomor urut terlebih dahulu, kemudian disusul oleh pasangan Sudirman - Fatma. Hasilnya Danny - Azhar nomor urut 1, Sudirman - Fatma nomor urut 2.

Ketua KPU Sulsel Hasbullah mengatakan jika pengundian ini telah sesuai berdasarkan Pasal 121 PKPU No. 8/2024 tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Pengundian juga  disaksikan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), perwakilan partai politik pengusung, serta pendukung masing-masing paslon. 

"Pengundian ini menandai berakhirnya rangkaian tahapan pencalonan. Kedua paslon kini akan memulai tahapan kampanye pada 25 September - 23 November 2024. Adapun pemungutan suara diadakan 27 November 2024," ungkapnya usai pengundian nomor urut, Senin (23/9/2024).

Daftar Pemilih Sulsel

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan akhirmya menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada serentak 2024 dalam Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penetapan DPT Sulsel di Makassar.

"Alhamdulillah sudah selesai. Kita tetapkan DPT jumlahnya 6.680.807 pemilih. Kita mulai dari siang sampai tadi malam." ujar Ketua KPU Sulsel Hasbullah di Makassar, Senin.

Dari jumlah tersebut, rinciannya jumlah pemilih laki-laki sebanyak 3.251.511 pemilih dan pemilih perempuan sebanyak 3.429.296 pemilih. Sedangkan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) juga mengalami penambahan.

"TPS juga bertambah empat TPS, sebagai mana saran (Bawaslu) sebelumnya yang disampaikan pada DPS (Daftar Pemilih Sementara) kemarin. Jadi 14.548 TPS, sebelumnya kan 14.544 TPS, jadi bertambah empat," kata Hasbullah menyebutkan.

Dengan demikian, DPT yang sudah ditetapkan akan di serahkan ke tingkat KPU RI. Terkait dengan daftar pemilih potensial, kata dia, sudah dimasukkan, hanya saja tinggal pemilih yang belum perekaman tinggal di masukkan.

Jumlah DPT tersebut yang ditetapkan KPU Sulsel untuk Pilkada serentak 2024 tersebar di 24 kabupaten kota se Sulsel yang juga menyelenggarakan Pilkada bupati dan wali kota. Tercatat Provinsi Sulawesi Selatan memiliki tiga kota dan 21 kabupaten.

Dari 24 kabupaten kota di Sulsel, hanya satu kabupaten yang melaksanakan Pilkada dengan calon tunggal atau melawan kolom kosong yakni di Kabupaten Maros.

Sedangkan jumlah TPS di Sulsel setelah penetapan DPT Pilkada serentak sebanyak 14.548 TPS tersebar di 313 kecamatan dengan sebaran 3.058 desa dan kelurahan se-Sulsel.

Sebelumnya, KPU Sulsel menetapkan data DPS 2024 pada 19 Agustus 2024 sebanyak 6.694.450 jiwa. Rinciannya, jumlah laki-laki sebanyak 3.258.557 jiwa dan perempuan 3.435.893 jiwa.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Miftahul Ulum
Sumber : KPU dan Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper