Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Libur Sekolah, Penumpang Bandara Hasanuddin Meningkat 20% Dibanding Hari Biasa

Pergerakan penumpang di bandara cukup padat pekan ini karena musim libur sekolah dan bertepatan dengan pengoperasian minimal fasilitas di terminal baru.
Bandara Internasional Sultan Hasanuddin/Bisnis
Bandara Internasional Sultan Hasanuddin/Bisnis

Bisnis.com, MAKASSAR - Pergerakan penumpang di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin selama musim liburan sekolah pada 21 – 30 Juni 2024 tercatat sebanyak 313.981 orang, meningkat 20% dibandingkan hari biasanya.

"Jika dibandingkan pekan sebelumnya pada 11 – 20 Juni 2024 dengan jumlah 261.675 penumpang, maka pekan libur sekolah ini ada peningkatan 20%," ungkap General Manager Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Minggus Gandeguai melalui keterangan tertulis, Selasa (2/7/2024).

Peningkatan jumlah penumpang ini dibarengi dengan meningkatnya jumlah pergerakan pesawat dan kargo. 

Jumlah pesawat yang tiba maupun berangkat pada periode libur lebaran ini tercatat sebanyak 2.219 pergerakan, naik 12% dibandingkan pekan lalu yang hanya 1.981 pergerakan. Sementara pergerakan kargo sebanyak 2.690 ton, naik 10% dibandingkan pekan sebelumnya yaitu sebanyak 2.450 ton. 

“Pergerakan penumpang di bandara cukup padat pekan ini salah satu faktornya karena musim libur sekolah dan bertepatan dengan pengoperasian minimal fasilitas di terminal baru. Jadi penumpang bisa merasakan suasana baru di bandara," ujar Minggus.

Dia menambahkan, rute terbanyak pada periode libur ini adalah Jakarta, Surabaya dan Kendari. Jumlah pergerakan penumpang paling tinggi terjadi pada 30 Juni 2024 yaitu sebanyak 36.078 penumpang.

Demi mengakomodasi permintaan penumpang, beberapa maskapai terkonfirmasi mengajukan penerbangan ekstra, di antaranya Lion Air rute Makassar - Yogyakarta dan Makassar - Bali, Super Air Jet rute Makassar - Balikpapan, Wings Air rute Makassar - Merauke, Garuda Indonesia rute Makassar - Kendari, Citilink rute Makassar - Jakarta, dan Sriwijaya rute Makassar - Jakarta, Makassar - Biak dan Makassar - Timika.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper