Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Uji Coba Pembangkit Individual Tenaga Surya Berhasil, PLN Listriki Pulau Terluar Sulsel

Pemasangan dan uji coba SuperSUN PLN di Pulau Saudi berhasil di tiga fasilitas umum.
SuperSUN di salah satu fasilitas umum yang ada di Pulau Saugi, Sulsel./PLN
SuperSUN di salah satu fasilitas umum yang ada di Pulau Saugi, Sulsel./PLN

Bisnis.com, MAKASSAR — PT PLN (Persero) berhasil menerapkan uji coba inovasi Surya Power Solusi untuk Negeri (SuperSUN) di Pulau Saugi, Kabupaten Pangkep, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Kini pulau yang termasuk dalam wilayah terdepan, terluar dan tertinggal (3T) tersebut bisa mendapatkan aliran listrik selama 24 jam.

"Pemasangan dan uji coba SuperSUN berhasil di tiga fasilitas umum yaitu puskesmas pembantu, masjid, dan rumah sehat. Masyarakat menyambut baik dan kami optimis inovasi ini dapat diimplementasikan untuk calon pelanggan lainnya," ujar General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar) Moch. Andy Adchaminoerdin melalui keterangan resmi, Minggu (2/6/2024).

SuperSUN sendiri merupakan salah satu solusi ramah lingkungan untuk melistriki masyarakat di daerah terisolir atau wilayah 3T. PLN membangun pembangkit individual tenaga surya dan baterai untuk menghadirkan listrik 24 jam.

Inovasi ini dianggap dapat diduplikasi dan dikembangkan untuk daerah terpencil karena ramah lingkungan, mudah diaplikasikan, dan efisien. Hal ini sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals (SDG's).

Andy menambahkan, di Pulau Saugi, pihaknya memasang SuperSUN set yang terdiri dari tiga buah inverter box, baterai dan kilowatt-hour (kWh) meter yang dihubungkan dengan solar panel kepada tiga fasilitas umum di pulau tersebut.

Dia optimistis pengembangan infrastruktur kelistrikan ini bukan hanya sekadar menghadirkan listrik, tapi bisa sekaligus memberi dampak terhadap peningkatan perekonomian masyarakat. Pasalnya hingga April 2024, rasio elektrifikasi di Sulsel tercatat telah mencapai 99,99%.

"Ini sebagai bentuk komitmen PLN untuk terus menerangi daerah-daerah 3T yang belum tersentuh listrik. Salah satu strategi yang digunakan dalam melistriki daerah 3T adalah dengan memanfaatkan potensi sumber daya energi," paparnya.

Sementara salah satu warga Pulau Saugi, Suryani mengaku bersyukur dengan hadirnya SuperSun ini. Kini puskesmas di tempatnya dapat melayani masyarakat di siang maupun malam hari. 

"Alhamdulillah kami mendapatkan penerangan dan Puskesmas bisa melayani masyarakat di malam hari. Harapannya semoga inovasi ini dapat juga diimplementasikan di seluruh masyarakat Pulau Saugi," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper