Penerbangan Perintis Pohuwato ke Gorontalo Beroperasi Pasca Pemilu

Setelah diluncurkan, dijadwalkan penerbangan awal akan dimulai setelah pelaksanaan pemilu.
Ilustrasi penerbangan perintis./Ist
Ilustrasi penerbangan perintis./Ist

Bisnis.com, GORONTALO - Pasca pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) serentak pada 14 Februari 2024, penerbangan perintis dari Pohuwato ke Gorontalo, dan sebaliknya akan segera beroperasi.

"Setelah diluncurkan, dijadwalkan penerbangan awal akan dimulai setelah pelaksanaan pemilu," kata Petugas Pelayanan dan Pengoperasian Bandar Udara Djalaluddin Forres Komboy di Gorontalo, Sabtu (3/2/2024).

Ia mengatakan untuk penerbangan perintis dari Bandara Pohuwato di Kabupaten Pohuwato tersebut, ada sembilan rute yang disiapkan.

Saat ini pihak operator yang ditunjuk sementara melakukan persiapan baik personel maupun pergerakan dalam mendukung pelayanan penerbangan bertarif subsidi ini.

"Tahap persiapan tersebut akan berlangsung hingga tanggal 14 Februari nanti. Sangat diharapkan saat pelayanan penerbangan nanti, kesiapan-nya sudah optimal khususnya di tiap bandara yang akan dilayani oleh penerbangan perintis ini," kata Forres.

Sembilan rute yang disiapkan terbagi menjadi dua area yaitu di Gorontalo dan Sulawesi Utara.

Untuk area Gorontalo, rute yang akan dilayani yaitu Kota Gorontalo-Pohuwato, Pohuwato-Palu, Gorontalo-Buol, Gorontalo-Bolaang Mongondow Sulawesi Utara dua kali dalam seminggu.

Sedaghkan rute Bolaang Mongondow-Manado, Manado-Siau, Naha Tahuna-Miangas, dan Miangas ke Melonguane sebanyak satu kali seminggu.

Forres mengatakan, untuk menunjang penerbangan atau pengisian bahan bakar pesawat ke Sulawesi Utara, pihak operator mendapatkan alokasi Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi yang ada di Bandara Naha dan Melonguane Kepulauan Talaud.

Penerbangan bersubsidi tersebut ditetapkan melalui Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor KM 158 Tahun 2023.

Operator yang melayani penerbangan perintis tersebut yaitu PT. Semuwa Aviasi Mandiri (Sam Air).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Redaksi
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler