Sulsel Sediakan KUR Rp30 Triliun untuk Tiga Sektor Unggulan pada 2024

Jumlah ini meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.
Ilustrasi petani panen cabai./Bisnis
Ilustrasi petani panen cabai./Bisnis

Bisnis.com, MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) bersama Komite Kebijakan Sektor Keuangan (KKSK) Sulsel menyediakan dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) senilai Rp30 triliun pada 2024 khusus untuk pengembangan sektor pertanian, perikanan dan peternakan di wilayah ini.

"Tahun ini kita siapkan Rp30 triliun KUR untuk Sulsel khusus untuk tiga sektor unggulan. Selama ini kan hanya Rp15 triliun. Sekarang dua kali lipat untuk KUR supaya pengembangannya lebih maksimal," kata Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin, Rabu (3/1/2024).

Dia memerinci, ada beberapa sub sektor yang akan diprioritaskan dengan dana paling besar, seperti budi daya pisang cavendish disiapkan KUR mencapai Rp100 juta perhektare, budi daya cabai sebesar Rp80 juta perhektare, dan budi daya bawang merah sebesar Rp80 juta perhektare.

Kemudian ada juga disiapkan KUR sektor perikanan seperti pengadaan rumah ikan atau rumpon, serta KUR makro untuk pengajuan usaha dengan nilai di bawah Rp10 juta. 

"Mau tanam pisang ada Rp100 juta kami siapkan, mau tanam cabai Rp80 juta, mau tanam bawang ada Rp80 juta perhektare, karena kita akan maksimalkan untuk masyarakat, kita harus manfaatkan ini semua untuk masyarakat," ujarnya.

Bahtiar pun mendorong agar masyarakat bisa memanfaatkan KUR tersebut sebaik-baiknya untuk menghidupkan kembali lahan-lahan tidur di sekitar wilayahnya agar bisa menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat.

"Ekonomi masyarakat kita bisa kita ubah dengan memaksimalkan pemanfaatan dana KUR ini. Salah satunya Kabupaten Jeneponto kami harapkan bisa menjadi yang terbaik jika karena memiliki lahan yang sangat luas," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler