Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penyaluran Kredit Usaha Rakyat BRI Sulsel Ditargetkan Rp21 Triliun

BRI telah menyalurkan KUR sebesar Rp17 triliun khusus Sulsel dan total Rp21 triliun untuk seluruh wilayah kerja BRI Regional Makassar.
Kredit Usaha Rakyat./Istimewa
Kredit Usaha Rakyat./Istimewa

Bisnis.com, MAKASSAR - PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) melalui Regional Office Makassar menargetkan penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) mencapai Rp21 triliun di Sulawesi Selatan pada 2023.

"Targetnya tahun ini kami di KUR saja Rp21 triliun untuk Sulsel," ungkap CEO BRI Regional Makassar Rahman Arif di Makassar, Selasa (16/5/2023).

Secara total, BRI telah menyalurkan KUR sebesar Rp17 triliun khusus Sulsel dan total Rp21 triliun untuk seluruh wilayah kerja BRI Regional Makassar yang meliputi Sulsel, Sulbar, Maluku dan lainnya.

"Nasabah BRI di Sulsel ada sekitar 800 ribu, cuma kemarin ada sedikit konsolidasi dengan departemen terkait, sehingga kami baru bisa memulai penyaluran KUR ini pada 1 Maret," tambah Rahman Arif.

Rahman mengaku optimistis mampu mencapai target penyaluran KUR di Sulsel, dengan prediksi kuota akan habis pada November. Sebab hingga April 2023, BRI Regional Makassar mencatat penyaluran KUR telah berada di angka Rp3 triliun lebih dengan capaian sekitar Rp1,8 triliun per bulan.

Rahman Arif menjelaskan paling penting dalam realisasi KUR adalah pemberdayaan pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil menengah), kedua yakni segmentasi dari sektor produktif seperti pertanian, perdagangan, dan pariwisata.

Pada kesempatan ini, Rahman mengapresiasi segmen pariwisata di Makassar melalui lorong wisata oleh Pemerintah Kota Makassar yang dinilai bagian dari modernisasi dan digitalisasi. Ini sesuai dengan upaya BRI dalam mendorong pengembangan digitalisasi lewat pelayanan berbasis digital.

Salah satu penerima KUR dari Kabupaten Takalar bernama Muliati telah mampu meningkatkan usahanya setelah memperoleh pinjaman modal usaha lewat program KUR BRI.

Ia sebelumnya hanya memiliki usaha sarung tenun khas Sengkang, saat ini usahanya kian bertambah dengan membuka toko kelontong. Hal itu terjadi, kata dia, lantaran suku bunga KUR relatif ringan dan tidak memberatkan bagi pengusaha kecil sepertinya.

"Saya sudah dua kali ambil KUR BRI dan alhamdulillah usaha berjalan lancar, tidak berat karena suku bunganya tidak besar. Kita lebih ringan membayar dan bisa menambah modal jika usaha terus meningkat," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper