Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembangunan Tol Makassar New Port Sudah 90,3 Persen, Rampung Akhir Tahun

Proyek sepanjang 3,21 kilometer (km) tersebut dilaporkan telah mencapai 90,3 persen per 14 September 2023.
Progres pembangunan Tol MNP telah mencapai 90,3 persen per 14 September 2023./PT Makassar Metro Network.
Progres pembangunan Tol MNP telah mencapai 90,3 persen per 14 September 2023./PT Makassar Metro Network.

Bisnis.com, MAKASSAR — Mobilisasi ekspor maupun impor dari Kota Makassar diproyeksi akan semakin lancar berkat hadirnya Jalan Akses Tol Makassar New Port (MNP) yang diperkirakan rampung pada akhir 2023 ini. Saat ini proyek sepanjang 3,21 kilometer (km) tersebut dilaporkan telah mencapai 90,3 persen per 14 September 2023.

Direktur Utama PT Makassar Metro Network Ismail Malliungan mengatakan semua pekerjaan struktur saat ini telah selesai, tinggal fokus menyelesaikan pekerjaan utama berupa pengaspalan, parapet, gerbang tol, rambu lalulintas dan penerangan jalan umum.

Pekerjaan utama ini ditargetkan bisa rampung keseluruhan pada akhir bulan ini sehingga pada Oktober 2023 mendatang sisa menyelesaikan pekerjaan minor dan pekerjaan pendukung.

"Pekerjaan lainnya atau pendukung yang sedang berproses saat ini adalah marka jalan, landscape & Ruang Terbuka Hijau (RTH), pemasangan pompa dan rumah pompa, pagar rumija dan pagar pengaman," ungkapnya kepada Bisnis, Senin (18/9/2023).

Ismail menambahkan, setelah semua pekerjaan selesai, selanjutnya akan dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF) oleh tim ULF dari Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan dan Korlantas Polri. Jika dinyatakan telah memenuhi standar laik operasi, maka langsung segera ditetapkan waktu peresmiannya.

"Waktu peresmiannya kita akan tetapkan setelah hasil ULF dinyatakan telah memenuhi standar laik operasi. Tapi berdasarkan target sebelumnya, kita upayakan bisa segera diresmikan pada akhir 2023 ini," tuturnya.

Jalan tol tersebut nantinya akan menghubungkan beberapa titik strategis yang mengarahkan kendaraan langsung ke MNP, mulai dari arah Pelabuhan Makassar (Jalan Tol Seksi 1) menuju MNP dari arah Bandara Sultan Hasanuddin (Jalan Tol Seksi IV) menuju ke MNP.

Proyek senilai Rp705 miliar ini dibangun untuk mendukung pengembangan kawasan industri dan kemajuan daerah, terutama Sulsel. Fungsi utamanya menjadi bagian dari sistem jaringan jalan yang nantinya akan mendukung operasional Pelabuhan MNP milik Pelindo berkapasitas 900.000 Teus.

Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto mengatakan pembangunan jalan akses Tol MNP nantinya akan mempermudah mobilisasi logistik sekaligus diproyeksi bisa mendorong pertumbuhan ekonomi di Kota Makassar. 

Proyek ini akan terkoneksi dari Tol Reformasi Makassar menuju ke Pelabuhan Petikemas MNP, dan dari Kawasan Industri Makassar (Kima) menuju Pelabuhan Petikemas MNP. Keberadaannya juga diharapkan dapat memperlancar jalur ekspor dan impor melalui pelabuhan yang menghubungkan Makassar dengan daerah lain yang ada di Sulawesi.

"Selain itu tol ini juga diharapkan dapat menjadi solusi dalam mengurai kemacetan bagi angkutan barang atau logistik dengan akses langsung dari dan menuju MNP. Sehingga, keberadaan Tol MNP bisa mendukung operasional pelabuhan," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper